Berjuang Melawan Penyakit Jantung

Berjuang Melawan Penyakit JantungPenyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat di seluruh dunia. Hal ini wajar saja, karena banyak penderita penyakit ini yang meninggal tanpa sempat mendapatkan pertolongan pertama ketika mendapatkan serangan. Banyak hal yang menjadi penyebab terlambatnya pertolongan pada pasien yang mengalami serangan jantung, antara lain adalah kurangnya pengetahuan masyarakat umum mengenai pertolongan pertama yang harus dilakukan pada pasien tersebut. Karena itulah, sebuah organisasi yang terdiri dari spesialis jantung dan relawan didirikan untuk menyebarkan kesadaran tentang bahayanya penyakit jantung dan cara penanggulangannya di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang.

Organisasi ini bernama WHF yang merupakan singkatan dari Word Heart Federation. Berbasis di Jenewa, Swiss, WHF berasal dari gabungan dua organisasi kardiologi, yaitu International Society of Cardiology dan International Cardiology Federation. WHF didirikan pada tahun 1978 dengan nama International Society and Federation of Cardiology (ISFC). ISFC kemudian mengganti namanya menjadi World Heart Federation pada tahun 1998. WHF adalah satu-satunya badan internasional yang didedikasikan untuk melawan penyakit jantung dan stroke dengan komunitas yang terdiri dari hampir 200 komunitas sebagai anggotanya. Komunitas ini berasal dari sekitar 100 negara mulai dari Asia Pasifik, Eropa, Mediterania Timur, Benua Amerika dan Afrika. WHF didirikan dengan tujuan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit jantung melalui kampanye awareness, mendukung pertukaran informasi dan ide mengenai perawatan kardiovaskuler, pengadvokasian pencegahan penyakit jantung, dan promosi pola makan sehat, aktivitas fisik yang cukup, dan bebas rokok.

Sebagai organisasi anti penyakit jantung terkemuka di dunia, WHF memiliki beberapa agenda dalam perjuangannya melawan penyakit jantung. World Congress of Cardiology, adalah konferensi untuk para kardiolog di seluruh dunia di mana mereka akan mempresentasikan penemuan-penemuan terbaru. Konferensi ini diadakan dua tahun sekali dan bertujuan untuk mempublikasikan penemuan ilmiah terbaru, serta berbagai teknik untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan jantung yang memadai di negara-negara berkembang.

WHF juga memiliki Hari Jantung Sedunia yang dimulai sejak tahun 2000. Pada awalnya, Hari Jantung Sedunia dirayakan setiap hari Minggu terakhir di bulan September, dan kemudian dipindahkan menjadi 29 September pada tahun 2011. Setiap komunitas yang menjadi anggota WHF biasanya mengadakan event-event nasional untuk meningkatkan kesadaran kepada penyakit jantung dan bahaya merokok serta faktor-faktor risiko lain seperti talk show, jalan santai atau lomba lari, konser, maupun turnamen olahraga. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE