Berkreasi dengan Palet Kayu

Berkreasi dengan Palet KayuKamu tahu palet kayu? Hmm… mungkin belum semua dari kamu tahu apa itu palet kayu. Padahal, kamu sering loh menemukan benda ini di berbagai tempat, misalnya pabrik atau pusat perbelanjaan grosir. Terkadang, kamu juga bisa loh menemukan benda ini di beberapa toko mebel Jakarta, meskipun tidak semuanya ada. Palet kayu ini, biasanya digunakan sebagai alas untuk memudahkan dalam memindahkan beberapa barang dalam jumlah banyak. Palet kayu ini memiliki dua lapis, dan terdapat rongga diantara kedua lapisannya.

Palet kayu ini memiliki usia pakai yang cukup lama, tergantung pada kualitas kayu yang digunakan. Namun terkadang, palet kayu sudah diabaikan begitu saja meskipun belum mencapai masa akhir usia pakainya. Nah, untuk kamu yang sering melihat palet kayu bekas dan tertarik untuk berkreasi dengan benda tersebut, beberapa ide kreatif ini mungkin bisa menjadi referensimu dalam berkreasi.

  • Sofa

Jika kamu bosan dengan sofa yang ada di rumahmu, kamu bisa membuat sofa baru palet kayu ini. Kamu bisa membuatnya dengan bentuk yang biasa, ataupun bentuk yang unik. Misalnya, kamu bisa membuat sebuah sofa bertingkat. Susunlah palet kayu menjadi 3 tumpuk untuk barusan paling belakang. Kemudian, kurangi 1 tumpuk pada setiap baris di depannya. Kamu akan mendapatkan sofa 3 baris dengan ketinggian yang berbeda. Jika kamu tidak begitu yakin dengan kualitas kayu pada palet, kamu bisa memberikan tambahan penahan pada rongga palet agar lebih kuat menahan beban di atasnya.

  • Rak

Kamu bisa membuat sebuah rak tanpa melakukan banyak perubahan pada palet kayu. Cukup dengan menyusunnya menjadi bentuk yang kamu suka. Namun, jika kamu ingin lebih bebas berkreasi, kamu bisa membongkar dan melepaskan lapisan atas dan bawah palet kayu. Setelah itu, kamu bisa menyusunnya sesuai bentuk yang kamu inginkan.

  • Tangga

Siapa bilang membuat tangga itu mahal? Kamu bisa juga kok memanfaatkan palet kayu untuk membuat tangga. Tidak berbeda jauh dengan pembuatan sofa bertingkat, kamu bisa menyusun palet kayu dengan jumlah yang semakin bertambah untuk membuatnya semakin tinggi. Namun, demi keamanan pastikan bahwa palet kayu yang kamu gunakan masih sangat kuat dan mampu menahan beban yah. Selain itu, pastikan bahwa pengikat antara satu palet ke palet lainnya sudah terikat dengan baik. Agar palet ini tidak bergeser atau bergoyang saat kamu berada di atasnya.

Nah, supaya kreasi dengan palet kayu ini terlihat lebih menarik lagi, jangan lupa untuk melakukan finishing terlebih dahulu pada palet kayu yang digunakan. Termasuk melakukan pengecatan ulang dengan warna yang kamu sukai. Bagaimana, tertarik membuatnya? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE