Bermain Game Juga Bisa Bermanfaat, Loh

main gameSaat ini banyak yang sudah memiliki koneksi internet rumah murah untuk berbagai keperluan, seperti untuk urusan pekerjaan, sosialisasi menggunakan social media atau aplikasi dating terbaik di Android, dan juga bermain game. Yap, bagi para pecinta game, koneksi internet memang sangatlah penting untuk mendukungnya menyalurkan hobi. Jadi, selain bermain bersama teman, mereka masih bisa melatih kemampuan bermain mereka dengan bermain di rumah.

Sayangnya, banyak orangtua yang merasa khawatir ketika melihat hobi anak seperti ini. Padahal, ternyata bermain game juga bisa bermanfaat loh bagi anak, seperti beberapa manfaat berikut ini:

  • Melatih kemampuan strategi dan kreativitas

Saat ini, banyak game yang tidak hanya ditujukan untuk bersenang-senang saja, tetapi juga untuk melatih kemampuan strategi anak. Biasanya, game seperti ini akan melibatkan lebih dari satu pemain dan saling beradu. Di sinilah manfaat ini terasa, karena anak akan saling beradu strategi dan juga kreatifitasnya untuk mengalahkan lawannya.

  • Melatih kemampuan bahasa inggris

Pernah melihat game digital yang dilengkapi dengan bahasa Indonesia untuk informasi maupun bahasa yang digunakan dalam game? Kalaupun ada, jumlahnya akan sangat sedikit. Biasanya, pembuat game hanya menyediakan pilihan bahasa yang cukup banyak digunakan, seperti bahasa inggris, bahasa jepang, dan mandarin. Artinya, saat bermain game anak akan dituntut untuk menguasai bahasa inggris setidaknya yang sering digunakan dalam game.

  • Menghilangkan stress

Bermain game juga sangat efektif untuk menghilangkan stress. Untuk manfaat ini, anak bisa bermain senbuah game yang ringan dan menyenangkan, ataupun game yang sesuai dengan minatnya. Mungkin, Anda merasa game dengan genre puzzle akan membuat anak merasa pusing karena harus berpikir saat berusaha menyelesaikannya. Namun kenyataannya, jika anak menyukainya, hal tersebut justru menjadi caranya untuk melepaskan stress akibat belajar.

  • Meningkatkan kinerja otak

Anak yang aktif bermain game akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih daripada yang tidak pernah bermain game. Sebab, pada setiap game anak akan menghadapi tingkat kesulitan yang berbeda. Meskipun dalam satu game yang sama sekalipun, anak akan menghadapi kesulitan yang berbeda sesuai dengan kenaikan levelnya.

  • Meningkatkan semangat

Dalam sebuah game yang melibatkan lebih dari satu pemain, pasti akan ada yang kalah dan menang. Dengan begitu, anak akan belajar untuk menerima kekalahan dan semakin terpacu untuk memenangkan permainan ketika ada yang mengalahkannya. Dan anak akan semakin semangat bermain ketika berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Bermain game bukanlah hal yang berdampak buruk pada anak. Hanya saja, bermain game yang berlebihan hingga lupa waktu justru bisa memberikan dampak sebaliknya pada anak. Jadi biarkan anak bermain, namun berilah pengertian mengenai batas-batasannya agar anak tidak kecanduan bermain game. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE