Bersenang-senang dengan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris untuk SMABelajar bahasa sangat penting untuk kita, agar dapat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Jika kita menguasai bahasa inggris dengan baik, maka kita tidak hanya akan dapat berkomunikasi dengan orang disekitar kita saja, tetapi juga pada masyarakat yang lebih luas diberbagai negara. Oleh karena itu, bahasa Inggris untuk SMA menjadi salah satu pelajaran wajib di dalam kurikulum pendidikan saat ini.

Walaupun bahasa Inggris sudah sangat sering digunakan di Indonesia dewasa ini, seringkali siswa-siswi SMA meremehkan pelajaran bahasa Inggris karena merasa sudah mengerti cara menggunakannya sehari-hari. Tetapi kenyataannya, ketika mereka menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dengan seseorang, mereka justru sering merasa kebingungan atau salah menggunakan bahasa inggris.Hal ini membuktikan, bahwa pelajaran bahasa Inggris masih sangat dibutuhkan.

Agar siswa siswi SMA dapat belajar dengan bahasa inggris dengan baik, peran guru sangatlah menentukan. Guru harus mampu untuk membuat pelajaran bahasa inggris terasa menyenangkan, bukan membosankan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu guru bahasa Inggris tingkat SMA membuat kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris lebih nyaman:

  • Manfaatkan minggu pertama belajar untuk mengenal siswa, termasuk mengetahui karakter siswa.
  • Siapkanlah bahan ajar yang sesuai dengan kemampuan kelas, tidak terlalu rendah tetapi tidak juga terlalu tinggi.
  • Untuk memotivasi siswa, berilah mereka silabus pada awal kelas dengan daftar apa saja yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan nilai tertentu.
  • Beritahulah prosedur-prosedur apa saja yang berlaku di kelas pada hari pertama. Ini termasuk kebijakan pengumpulan tugas, hal-hal yang dilarang di dalam kelas, kebijakan tes remedial, dan hal-hal lain yang penting di dalam jalannya kelas.
  • Jika siswa-siswi di dalam kelas terlihat sering ngobrol, cobalah buat pengaturan tempat duduk. Mengatur tempat duduk sesuai alfabet biasanya menjadi alternatif terbaik yang tidak terlalu menyinggung siswa, dan ini juga akan membantu guru mengingat nama-nama lebih mudah.
  • Selalu buatlah Plan B. Jika hari itu Anda akan mengajar menggunakan PowerPoint, cetaklah handouts untuk jaga-jaga ketika proyektor atau komputer Anda tidak berfungsi.
  • Buatlah agar suasana tidak terlalu serius. Suasana yang terlalu serius akan membuat siswa siswi merasa bosan.

Bersenang-senanglah! Tidak ada yang suka guru membosankan, maka buatlah materi ajar Anda semenarik mungkin agar anak-anak mau mendengarkan dengan sukarela dan senang hati. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE