Bersepakbola dalam Ruangan

rumput sintetisSepakbola sering juga disebut The Beautiful Game, dan merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia. Tua, muda, kaya, maupun miskin, hampir semua orang senang bermain sepakbola. Salah satu tren yang sangat populer saat ini adalah futsal, yaitu permainan sepakbola berskala lebih kecil yang biasanya dimainkan di lapangan rumput sintetis atau lantai berbahan lainnya.

Kata ‘futsal’ berasal dari bahasa Spanyol, ‘fútbol sala’ yang berarti sepakbola ruangan. Pertama dikembangkan pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani Gravier, seorang guru di Uruguay sebagai alternatif rekreasi di YMCA. Tujuan Ceriani adalah untuk membuat olahraga tim yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dan mirip dengan sepakbola, yang saat itu sedang populer karena kemenangan Uruguay di Piala Dunia 1930 dan medali emas di Olimpiade 1924 dan 1928. Ketika menulis buku peraturan futsal, Ceriani mengambil prinsip utama dari sepakbola, tetapi ia mengambil elemen-elemen dari berbagai olahraga, seperti jumlah pemain per tim dan durasi pertandingan dari bola basket, peraturan kiper seperti pada polo air, dan ukuran lapangan serta gawang dari handball.

Salah satu faktor pemicu popularitas futsal berasal dari mudah dan murah untuk bermainnya. Lapangan futsal jauh lebih kecil dibandingkan lapangan sepakbola, dan sangat mudah ditemukan. Dewasa ini, lapangan futsal yang dapat disewa dengan harga terjangkau menjamur di mana-mana akibat tren futsal ini. Jumlah pemain futsal yang sedikit, yaitu lima orang, dan sifat substitusinya yang fleksibel juga sangat mempermudah para pemain futsal yang tidak harus mencari minimal 22 orang dan mencari lapangan bola sewaan yang harganya biasanya lebih mahal untuk bermain sepakbola. Lapangan futsal yang lebih kecil juga biasanya menghasilkan permainan yang cepat, kreatif, dan penuh teknik, dan menarik minat banyak penonton karena alasan-alasan ini.

Bagi mereka yang senang bermain sepakbola tetapi ingin mencoba hal baru atau kesulitan mencari teman dan fasilitas untuk bermain sepakbola lapangan, futsal dapat menjadi alternatif murah meriah yang tidak kalah menyenangkan. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE