Berwisata ke Museum Wayang di Jakarta

Meskipun kota Jakarta terkenal sebagai pusat perekonomian, namun bukan berarti tidak ada yang berminat untuk berwisata di kota ini. Kota ini juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan, kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari jika ingin menikmati berbagai tempat wisata di Jakarta. Bukan hanya karena jumlahnya yang cukup banyak, tetapi juga karena kondisi jalanan yang cukup padat membuat kita hanya bisa mengunjungi sedikit tempat wisata dalam waktu satu hari. Karena itulah, banyak wisatwan yang memilih Hotel di Jakarta yang berlokasi di sekitar tempat wisata, agar lebih menghemat waktu tempuh.

sejarah bagunan museum wayangMemilih kota Jakarta sebagai tujuan wisata bukanlah tanpa alasan. Di kota ini, ada beragam jenis wisata yang dapat di pilih oleh wisatawan. Dari mulai wisata alam, wisata hiburan yang menantang, wisata berbelanja, hingga wisata sejarah. Museum wayang, adalah salah satu wisata sejarah yang sangat terkenal di Jakarta. Meskipun menyimpan misteri karena dianggap termasuk museum paling angker, namun hal ini justru membuat para wisatawan semakin penasaran ingin berkunjung ke museum ini.

Museum wayang ini berlokasi di Jalan pintu besar utara No 27, Jakarta, dan memiliki bentuk gedung yang cukup unik. Pada awalnya (Tahun 1640), dilokasi ini berdiri sebuah gereja yang bernama “De Oude Hollandsche Kerk” yang berarti Gereja lama Belanda. Pada tahun 1732, gedung ini kemudian di renovasi dan berganti nama menjadi “Nieuwe Hollandsche Kerk” yang berarti Gereja baru Belanda. Namun, gereja ini hancur pada tahun 1808 akibat gempa bumi, hingga akhirnya pada tanggan 14 Agustus 1936 gedung beserta lahan ini ditetapkan sebagai monumen.

museum wayangPada tahun 1937, gedung beserta lahan ini diserahkan pada Stichting oud Batavia, dan dijadikan sebuah museum yang bernama “de oude Bataviasche Museum” atau museum batavia lama, dan resmi dibuka pada tanggal 22 Desember 1939. Namun museum ini kemudian dipindahkan, dan gedung inipun dijadikan museum wayang. Museum wayang menyimpan koleksi berbagai wayang dari berbagai daerah di Indonesia. Dari mulai wayang kulit, wayang golek, wayang china, dan bahkan boneka yang mungkin sangat kita kenal, yaitu boneka si unyil. Selain berbagai jenis wayang, di museum ini juga terdapat berbagai macam prasasti peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Keistimewaan lain dari museum ini yaitu, lokasinya yang tidak jauh dari beberapa museum lainnya. Sehingga kita bisa berkeliling beberapa museum dalam 1 hari, tanpa menghabiskan banyak waktu. Apalagi, akses menuju museum ini juga terbilang cukup mudah. Jadi, tertarik untuk mengunjungi museum ini? (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE