Big Muskie, Salah Satu Dragline Terbesar di Dunia

Dragline merupakan Alat Berat yang termasuk ke dalam kelompok excavator. Sama seperti excavator pada umumnya, fungsi utama dragline adalah sebagai alat penggalian. Dragline didapatkan dengan menambahkan attachment boom crane dan drag bucket pada excavator. Alat ini memiliki jangkauan yang cukup luas, namun hanya memiliki tenaga penggalian yang kecil karena hanya mengandalkan pada kekuatan dari digging bucket. Alat ini umum dijumpai dilokasi pengerjaan pengerukan dasar atau lokasi pertambangan. Setelah melakukan penggalian, maka alat ini akan memuat material yang digali dan memindahkannya pada alat angkut (truk) atau lokasi penimbunan.

Big MuskieDragline tersedia dalam berbagai ukuran, dan Big Muskie merupakan salah satu dragline terbesar di dunia pada tahun pembuatannya, yaitu tahun 1969. Tujuan pembuatan Big Muskie adalah karena Central Ohio Coal Company membutuhkan peralatan baru untuk mengimbangi peningkatan pertambangan batubaranya. Saat itu, mereka memiliki pilihan untuk menambah alat berukuran kecil dalam jumlah banyak, atau satu alat berukuran besar. Setelah berbagai pertimbangan, perusahaan tersebut akhirnya memutuskan untuk membangun satu mesin berukuran besar.

Bucyrus-Erie dipilih sebagai produsen alat yang mereka  butuhkan. Insinyur dari Bucyrus Erie menghabiskan waktu 2 tahun untuk merancang mesin ini, hingga akhirnya dibuatlah Big Muskie dengan menghabiskan biaya sekitar $ 25juta. Perakitan mesin Big Muskie baru dimulai pada tahun 1967. Big Muskie merupakan satu-satunya dragline dengan model 4250-W Bucyrus-Erie.

Kapasitas bucket yang dimiliki oleh dragline ini pun merupakan kapasitas terbesar yang pernah dibuat untuk single bucket digging machine, yaitu sebesar  220 cubic yards (170m3) dan 325 short tons (295 t). Alat ini mampu memindahkan jutaan material dalam setiap jamnya. Bahkan, Big Muskie disebut sebagai “king of draglines” dan “one of the seven engineering worders of the world”.

Dragline ini beroperasi sejak tahun 1969 hingga tahun 1991. Selama masa kerjanya, mesin ini telah memindahkan lebih dari 600.000.000 kubik material. Pada tahun 1991, Big Muskie berhenti beroperasi karena beberapa faktor termasuk masalah kebutuhan listrik. Meskipun begitu, Big Muskie dibuka untuk umum dan pengunjung dapat masuk dan melihat ke dalam mesin ini. Sayangnya, pada bulan maret 1999 Big Muskie ditutup untuk umum dan kemudian dihancurkan. Saat ini, bucket dari Big Muskie masih tersimpan di Miners’ Memorial Park. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE