Bijak dengan Persiapan Keamanan Berkendara

Tips Aman BerkendaraKeamanan dalam berkendara roda empat memang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan bagi Anda yang menggunakan kendaraan. Spesifikasi keamanan berbeda yang ada di dalam mobil sedan hingga mobil Colt Diesel tetap memiliki peluang yang sama untuk hal terburuk. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan ‘mencegah lebih baik dari pada mengobati’ patutnya membuat kita menyadari bahwa pentingnya hal-hal kecil sebagai bentuk antisipasi akan kemungkinan tersebut. Berikut adalah tips bijak dalam berkendara yang dapat Anda ikuti.

  • Selalu gunakan sabuk pengaman dalam segala kondisi berkendara

Hal ini selalu dianggap tidak penting oleh pengguna kendaraan. Walaupun begitu, benda ini diciptakan menurut standart keamanan berkendara. Kebiasaan ini akan melindungi Anda dalam kondisi yang sangat genting saat terjadi suatu kecelakaan yang disengaja mau pun tidak.

  • Hindari berkendara dengan kondisi kantuk atau kurang fit

Bila Anda merasa kurang dapat fokus untuk berkendara karena kondisi tubuh, minta bantuan dari teman untuk menggantikan atau posisikan kendaraan Anda pada bahu jalan atau spot lain untuk beristiharahat. Keadaan kurang fit akan membuat Anda kurang fokus dalam berkendara dan hal tersebut menjadi peluang yang cukup besar untuk ‘kemungkinan’ tersebut terjadi pada Anda.

  • Selalu berhati-hati dalam menjaga jarak berkendara

Perhatikan sekitar Anda, selalu berhati-hati dalam segala kondisi tentu menjadi antisipatif yang cukup baik. Berkendara dengan kecepatan yang sewajarnya, tidak terlalu cepat atau bahkan terlalu lamban. Beri jarak antar kendaraan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari benturan dadakan.

  • Kenali peraturan rambu lalu lintas

Tentunya Anda patut mengenal dan patuh terhadap tanda-tanda penting tersebut. Semua hal tersebut tentu demi kenyamanan bersama para pengendara.

  • Persiapan dengan peralatan-peralatan penting

Peralatan seperti ban cadangan yang layak, alat-alat untuk bongkar pasang, serta hal-hal lain seperti kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Persiapan tersebut adalah bentuk ‘pengobatan pasca kejadian’ yang selalu menjadi alat wajib sedia setiap mobil.

Persiapan tentu menjadi wujud pencegahan yang baik bagi Anda. Tetaplah waspada dalam berkendara serta proteksi diri dengan pengetahuan rambu lalu lintas juga perlu untuk Anda kenali. Tentunya dengan berbagai hal tersebut, Anda akan merasa nyaman dan aman dalam segala kondisi. (VK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE