Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Kentang Goreng?

wanita hamil kentangSelama periode kehamilan, Ibu tentu harus selalu memerhatikan banyak hal, baik sesuatu hal yang berasal dari luar maupun dalam. Seperti ancaman toksoplasma yang berasal dari kucing, hingga asupan nutrisi ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh. Sebab jika tidak diperhatikan, maka takutnya nanti malah dapat membahayakan kesehatan janin yang berada di dalam rahim.

Untuk masalah nutrisi, hal ini tidak boleh diabaikan karena langsung berhubungan dengan perkembangan janin. Itulah alasannya makanan yang dikonsumsi selama kehamilan harus sangat diperhatikan. Khususnya untuk makanan favorit tapi diragukan keamanannya untuk kehamilah, seperti kentang goreng.

Yap, kentang goreng merupakan camilan yang disukai oleh banyak orang. Namun, amankah jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya tentu tidak boleh, lantaran kentang goreng dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, entah itu kesehatan ibu hamil maupun janin yang tengah dikandung. Memang, mengonsumsi kentang selama hamil dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

  • Menurunkan risiko cacat lahir
  • Membantu turunkan asam lambung
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu perkembangan janin di dalam rahim
  • Menurunkan risiko sakit jantung
  • Melawan kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh

Namun, tidak demikian dengan kentang goreng, makanan ini sangat tidak bagus untuk kesehatan, terlebih dikonsumsi pada saat hamil. Bukan tanpa sebab, kentang yang sudah digoreng mengandung lemak jahat sehingga bila dikonsumsi akan memberikan berbagai dampak, misalnya:

  • Memicu penyakit diabetes. Melansir dari dream.co.id, ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengonsumsi kentang goreng, lantaran makanan ini menyimpan kandungan lemak jenuh yang dapat mengganggu kesehatan sekaligus dapat memicu meningkatnya penyakit diabetes. Untuk itulah, ketika hamil, ibu hamil harus menghindari makanan kurang sehat satu ini!
  • Menyebabkan stroke. Terlalu berlebihan mengonsumsi kentang goreng ternyata dapat menyebabkan stroke. Hal ini akibat dari tingginya kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalam kentang goreng tersebut. Ibu tentu tidak ingin mengalami kondisi ini, kan? Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi kentang goreng selama hamil, ya.
  • Meningkatkan gula darah. Masih terkait dengan lemak jenuh, lemak yang terdapat dalam proses penggorengan kentang ini dapat meningkatkan gula darah. Jika gula darah naik, tentu akan langsung berdampak pada janin yang berada di dalam rahim dan kesehatan tubuh. Karena itu, Ibu sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan ini.

Selain itu, mengonsumsi kentang goreng selama hamil juga dapat meningkatkan risiko sakit jantung dan cacat lahir, mengganggu keseimbangan tubuh, dan yang paling fatal dapat memicu kemunculan kanker. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE