Cara Cerdas Memakai Internet

Jelajah Dunia Dengan InternetBerkembangnya Internet Fiber Optic yang memungkinkan semua orang untuk mendapatkan akses internet yang cepat, ternyata tak selamanya berdampak baik. Sebagian orang yang tidak mengetahui aturan main di internet, tak jarang pada akhirnya justru dirugikan oleh teknologi ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet, mulai dari membaca berita, streaming video, menggunakan jejaring sosial, chating, dan lain-lain. Namun, tanpa pengawasan dan pengetahuan yang cukup, kita bisa dengan mudah mempercayai berita palsu, streaming video yang berkonten negatif, bahkan melakukan hate speech di jejaring sosial. Untuk itu, supaya kita dapat memanfaatkan internet dengan baik. Ketahui terlebih dahulu cara cerdas memakai internet berikut ini.

Gunakan Internet untuk Kegiatan Positif

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membenarkan tujuan kita saat menggunakan internet. Jika tujuan kita sudah baik, maka otomatis kita akan menggunakan internet dengan bijak. Jadi, manfaatkanlah internet untuk hal-hal yang positif. Misalnya untuk mencari informasi penting yang berguna untuk pekerjaan atau pembelajaran, membantu orang melalui donasi secara online, mencari inspirasi dari membaca cerita online, dan masih banyak lagi hal baik yang bisa kita lakukan dengan menggunakan internet.

Teliti Dulu Sebelum Membaca

Internet merupakan sumber berbagai informasi. Mulai dari informasi yang kita butuhkan, bahkan informasi yang tak kita cari pun terkadang tak sengaja terbaca. Nah sayangnya, tak semua informasi yang kita dapat dari internet memiliki kebenaran 100%. Jika kita membaca suatu artikel yang menarik, atau bahkan kontroversial, jangan langsung menyebarkannya secara publik. Amati dulu sumbernya, jika artikel terjamin sumber dan kebenarannya, barulah kita bisa membagikan informasi tersebut.

Waspadai Hate Speech

Siapa sih yang tidak memiliki akun jejaring sosial sekarang ini? Hampir semua orang pasti memiliki sosial media. Entah itu Twitter, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Memang platform sosial ini dapat digunakan untuk membagikan isi pikiran kita. Namun ingat, jangan sampai opini atau tulisan kita menyakiti pihak lain. Ketahui mana batas freedom of speech dan mana yang bisa disebut hate speech. Hate speech merupakan komunikasi dalam bentuk penghinaan, pencemaran nama baik, provokasi, dan tindakan lain yang bisa berdampak buruk pada orang lain.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE