Cara Lebih Mudah Menguasai Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris dasar EFBahasa inggris adalah bahasa yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia sebagai bahasa kedua yang ingin dikuasai. Meskipun banyak yang ingin dapat menguasai bahasa ini, namun kenyataannya tidak banyak yang berhasil menguasai bahasa ini dengan baik. Banyak yang merasa kesulitan dan akhirnya menyerah saat baru memulai Belajar Bahasa Inggris Dasar, membuat mereka hanya mampu menguasai dasar-dasar bahasa inggris saja. Terkadang, mereka bisa memahami maksud tulisan bahasa inggris yang mereka baca, namun belum tentu mereka mampu merangkai kata-kata bahasa inggris dengan benar.

Menguasai bahasa inggris memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kondisi lingkungan kita kurang mendukung. Jika kita berada dalam lingkungan yang secara aktif menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-harinya, akan membuat kita lebih termotivasi untuk menguasai bahasa ini dengan lebih cepat. Namun, meskipun berada dalam lingkungan yang secara mayoritas tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kesehariannya, bukan berarti kita tidak mampu menguasai bahasa inggris dengan cepat.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar dapat menguasai bahasa inggris secara aktif dan pasif. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Rajin

Kunci saat mempelajari bahasa apapun adalah mampu menguasai pola kalimat dan mengenal banyak kosakata. Hal ini juga berlaku saat kita mempelajari bahasa inggris. Pada bahasa indonesia, tidak terlalu banyak perubahan kata kerja yang berkaitan dengan keterangan waktu. Selain itu, dalam bahasa indonesia juga tidak terdapat “to be” seperti am, is, are, dan sebagainya. Sementara pada bahasa inggris, kata kerja serta to be yang digunakan akan berbeda bergantung pada keterangan waktu. Karena itulah, saat belajar bahasa inggris dasar, sangat penting untuk memahami pola kalimat dan memperbanyak kosakata terlebih dahulu.

  • Percaya diri

Percaya diri dan tidak takut salah merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar bahasa inggris. Jika di lingkungan kita tidak terdapat orang yang mampu membantu kita mengasah kemampuan bahasa inggris, kita bisa memanfaatkan teknologi. Kita bisa mencoba untuk mencari teman chatting yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kesehariannya (dari luar negri). Jelaskan padanya saat awal chatting, bahwa kita sedang proses belajar bahasa inggris. Minta padanya untuk memperbaiki jika kita melakukan kesalahan penulisan, atau penyusunan kalimat.

  • Aktif

Kita bisa secara aktif melatih bahasa inggris kita dengan mulai merubah kebiasaan kita. Misalnya, kita bisa melatih kemampuan listening dengan menonton acara berbahasa inggris tanpa membaca subtitle, membaca buku berbahasa inggris dan berbagai hal lainnya. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE