Cara Mencegah Si-Jago Merah

apiCukup banyak hal yang dapat memicu api yang dapat menyebabkan bencana. Dalam setiap kegiatan manusia memanfaatkan segala teknologi atau benda untuk mendorong kemudahan beraktifitas tanpa mengetahui bahwa benda tersebut memiliki potensi terbakar atau tidak. Fenomena seperti smartphone yang terbakar, kegiatan dari distributor bahan bakar minyak, kebakaran hutan akibat sebuah puntung rokok, bahkan hal-hal sepele lainnya menjadi penjelas bahwa manusia tidak dapat melakukan prediksi secara tepat kapan bencana itu dapat terjadi. Apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah tips untuk Anda dapat menghindari potensi kebakaran yang ada di sekitar Anda.

  • Merokok

Bagi Anda perokok tentu mengerti bagaimana seharusnya menggunakan rokok pada tempat tertentu. Hal sepele seperti membuang puntung rokok sembarangan juga masih dapat memicu terjadinya kebakaran besar. Gunakan lingkungan terbuka atau tempat yang disediakan untuk merokok.

  • Listrik

Gunakan listrik dengan bijak. Selain untuk berhemat pengeluaran biaya listrik, Anda juga dapat mengurangi potensi terbakar. Penggunaan listrik yang tidak wajar dapat membuat arus listrik tidak stabil. Jika arus listrik pendek terjadi, hal ini akan menjadi pemancing api yang cukup kuat untuk segala alat yang Anda gunakan apabila tidak wajar.

  • Benda mudah terbakar

Jauhkan benda yang mudah terbakar dengan sumber api dan radiasi. Dalam jarak tertentu tentu dapat menjadi peluang besar untuk terbakar. Seperti contohnya Anda merokok atau menggunakan telepon seluler di dekat pom bensin. Tentu hal tersebut sangatlah berbahaya karena bahan dasar bensin yang mudah terbakar dalam jarak tertentu berdekatan dengan si-sumber api tersebut.

  • Anak-anak

Hindari anak-anak di bawah umur untuk menyentuh atau bermain dengan benda yang mengandung api. Tentu hal tersebut cukup bahaya karena bias saja anak tersebut dapat memainkan benda tersebut dan terjadi kecelakaan. Anak harus berada di bawah pengawasan dari orangtua dalam menggunakan alat apapun.

  • Alat pemadam kebakaran atau detektor kebakaran

Sediakan alat pemadam api dan tempatkan pada posisi yang mudah dijangkau serta ditemukan serta detektor kebakaran. Bila api masih dirasa memungkinkan untuk dipadamkan, gunakan alat tersebut untuk melindungi perabotan lain agar tidak ikut terbakar dengan sumber api. Detektor kebakaran juga dapat membantu Anda untuk mengetahui kejadian tersebut melalui alaram yang hidup.

  • Jalur evakuasi

Ada baiknya bila Anda memiliki jalur evakuasi untuk keadaan darurat di dalam rumah Anda. Jika memadamkan api dirasa kurang memungkinkan, maka Anda dapat mencari perlindungan dengan menggunakan jalur evakuasi yang sudah dirancang.

Waspada dalam segala kondisi memang cukup penting dalam hidup manusia. Kemungkinan kecil dapat menjadi bencana yang cukup besar bila manusia tidak dapat menempatkan perhatian penuh terhadap hal-hal tersebut. Selamat beraktifitas, tetaplah waspada! (VK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE