Cara mengatasi Demam

Demam merupakan hal yang kerap dialami oleh anak-anak kecil hingga balita karena pada usia mereka yang masih sangat kecil kekebalan tubuh mereka masih sangat rentan sekali terhadap virus. Ketika anak terkena demam, banyak orang tua yang biasanya akan sangat panik sekali karena takut adanya keadaan yang lebih parah jika suhu tubuh anak tidak juga turun. Namun sebenarnya orang tua tidak perlu terlalu ikut panik jika tahu bagaimana cara mengatasi dan melihat gejala keadaan yang lebih parah.

Cara mengatasi DemamCara mengatasi demam pada anak dibawah ini dapat Anda coba jika anak Anda mengalami demam :

  1. Ukur temperatur anak dengan thermometer digital, bukan hanya menggunakan tangan saja agar Anda mengetahui secara pasti suhu badan anak. Setelah itu pantau terus perkembangan suhu tubuh anak secara berkala
  2. Pada saat demam seperti ini, beri anak cairan yang cukup banyak agar terhindar dari dehidrasi. Cairan bisa berupa sari buah, kuah sayuran hingga hanya air putih saja sangat disarankan.
  3. Bantu anak agar dapat beristirahat atau minimal tiak melakukan kegiatan yang cukup melelahjan
  4. Usahakan agar anak tetap mendapat asupan gizi yang seimbang. Makan yang baik akan memperkuat daya tahan tubuh anak.
  5. Kompres tubuh anak untuk mengurangi panas tubuhnya, tapi pastikan kompres yang digunakan pun sering diganti-ganti agar panas cepat turun, atau bila tidak gunakan Fever Patch plester penurun demam dari Rohto yang sudah dijual dimana-mana.
  6. Beri pakaian dan selimut yang tepat, yaitu bahan yang dapat menyerap keringat dengan mudah.
  7. Pelajari pola demam pada anak, misalnya demam panas akan meninggi pada malam hari saja, suhu tubuh naik selama beberapa hari kemudian kembali normal tapi beberapa hari kemudia suhu tubuh akan meningkat lagi. Dengan memperhatikan pola yang ada dokter biasanya akan mengetahui gejala sakit yang diderita.
  8. sirkulasi dalam ruangan anak agar ada aliran udara dan tidak pengap, tetapi juga bukan berarti terlalu banyak angin yang masuk dalam ruangan.
  9. Beri minyak telon ataupun minyak kayu putih di sekujur tubuh anak agar membuat tubuh anak semakin nyaman.

Bila Pertolongan Pertama Panas Demam Anak telah diberikan dan demam masih berlangsung selama 3 hari maka sebaiknya Anda harus segera memeriksakan anak Anda ke dokter. (Mew)

One thought on “Cara mengatasi Demam

  1. Pingback: Cara Mudah Atasi Demam Anak - DGspeak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE