Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Kulit

cek kanker kulitKanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang kulit disebabkan oleh terpaparnya kulit oleh sinar UV dari matahari dalam jangka waktu yang lama. Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dengan sinar matahari yang ada sepanjang tahun pun membuat kita memiliki resiko terhadap kanker ini. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang menyadari bahaya kanker kulit ataupun tanda-tanda dari penyakit ini. Padahal, ada cara mudah yang bisa dilakukan sesuai dengan petunjuk dari dokter kanker yang bisa dilakukan untuk melihat gejala dari penyakit ini.

Tips mencegah kanker kulit yang paling mudah dengan melihat  dan tahu apa saja gejala-gejala, sehingga kita bisa lebih hati-hati lagi. Salah satu cara mudah untuk mengetahui gejala dari kanker kulit adalah dengan memperhatikan tahi lalat yang ada di tubuh kita. Berikut adalah langkah “ABCDE” yang mudah dilakukan untuk mendeteksi ciri-ciri kanker kulit dengan melihat tahi lalat.

A = Asimetris (Bentuk)

Langkah paling pertama adalah dengan memperhatikan bentuk dari tahi lalat. Bila bentuknya bulat sempurna dengan bagian kiri, kanan, atas, dan bawah yang sama, maka itu merupakan tanda tahi lalat normal. Sementara bila kita menemukan bentuk tahi lalat yang tidak rata alias asimetris maka kita patut mencurigainya.

B = Border (Batas)

Tahi lalat yang normal biasanya memiliki bentuk dengan batas atau border yang jelas. Sementara tahi lalat dengan bentuk berantakan atau tidak jelas seperti noda bisa menjadi gejala dari kanker kulit.

C = Color (Warna)

Warna tahi lalat yang ada di tubuh biasanya adalah hitam atau coklat tua dan hanya ada satu warna pada satu tahi lalat. Waspadalah bila menemukan tahi lalat dengan warna lebih dari satu, seperti campuran warna merah dengan coklat muda dan sejenisnya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala dari kanker kulit.

D = Diameter (Ukuran)

Tahi lalat normal biasanya memiliki ukuran dan bentuk yang tidak akan berubah-ubah selamanya. Sementara tahi lalat yang merupakan kanker kulit biasanya akan bertumbuh menjadi semakin besar seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu biasanya juga akan terjadi perubahan tekstur misalnya mengeras.

E = Expert (Ahli/Ekspert)

Tanda-tanda di atas memang merupakan gejala dari kanker kulit, namun tidak selamanya tahi lalat dengan tanda-tanda tersebut 100% merupakan kanker kulit. Untuk memastikannya tentu kita harus memeriksakannya kepada ekspert atau ahlinya yakni dokter kanker atau dokter kulit. (raw)

One thought on “Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Kulit

  1. Pingback: Deteksi Kelainan Jantung dengan 3D Mapping System

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE