Cara Mudah Membuat Apartemen Menjadi Lebih Sejuk

apartemen

image source: ergoline

Memasuki musim kemarau, hawa panas memang tak bisa dihindarkan bahkan untuk kalian yang tinggal di Modern Apartment Kuningan. Rasa pengap dan juga gerah menjadi hawa yang biasa kita rasakan di dalam apartemen. Menyalakan pendingin ruangan mungkin bisa menjadi solusinya, namun jangan kaget jika tagihan listrik di akhir bulan membengkak.

Lantas, apa ada cara sederhana yang bisa dicoba untuk membuat apartemen lebih sejuk namun dengan biaya listrik yang minim?

Cek caranya dalam artikel berikut ini, ya!

  • Pertimbangkan lokasi kipas angin. Salah satu cara mudah untuk membuat udara di apartemen menjadi lebih sejuk adalah dengan menggunakan kipas angin. Namun demikian, kipas angin tidak serta merta menyelesaikan masalah udara pengap di apartemen. Jika kita salah memilih posisi peletakkan kipas angin, bukan tidak mungkin jika udara pengap masih tetap terasa di dalam ruangan. Untuk itu, pastikan posisi pemasangan kipas angin sudah strategis sehingga anginnya bisa tersebar hingga seluruh ruangan tanpa terkecuali.
  • Gunakan mangkuk air dingin. Isi mangkuk dengan air dingin lalu letakkan di depan kipas angin yang menyala. Uap dingin dari air ini akan tersebar ke seluruh ruangan dan membuat udara menjadi lebih sejuk. Lebih hemat listrik dibanding harus menyalakan pendingin ruangan, bukan?
  • Buka jendela. Sedang berada di apartemen dan udara terasa pengap? Jika memungkinkan, bukalah jendela apartemen selama beberapa saat dan biarkan udara dari luar masuk ke dalam ruangan sehingga terjadi pertukaran udara. Dengan begitu, udara di dalam apartemen pun akan terasa lebih sejuk dan lebih adem. Patut diingat untuk tidak membuka jendela sepanjang waktu karena dikhawatirkan serangga dan kotoran masuk ke dalam apartemen.
  • Gunakan pakaian berbahan katun. Saat berada di apartemen, gunakanlah pakaian berbahan katun. Mengapa? Pasalnya, katun akan membuat kita merasa nyaman karena memiliki serat natural dan tidak gerah. Sebaliknya, hindarilah pakaian berbahan flannel atau polyester karena bersifat menahan panas sehingga membuat kita lebih gerah daripada seharunya.
  • Matikan lampu. Jika kalian terbiasa menyalakan lampu di siang hari, cobalah untuk mematikannya sesekali dan rasakan perbedaannya. Yap, sinar dari lampu akan menambah rasa panas yang dirasakan. Sementara itu, ketika kita mematikan lampu, udara pun akan terasa lebih sejuk dan teduh.

Itu dia beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat apartemen terasa lebih sejuk. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE