Cara Pencegahan Penyakit Pernafasan

Cara Pencegahan Penyakit PernafasanKualitas udara yang semakin menurun ditambah polusi yang meningkat berakibat pada menurunnya kondisi kesehatan, sehingga membuat masyarakat semakin mudah terjangkit penyakit, terutama penyakit pernafasan. Penyakit yang menyerang organ pernafasan ini bisa saja ringan (influenza) namun bisa juga mengancam nyawa Anda, misalnya saja kanker paru-paru. Karena itu tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pendegahan penyakit pernafasan, di antaranya:

  • Kurangi merokok. Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok merupakan salah satu sumber penyakit pernafasan yang paling berbahaya. Di dalam rokok sendiri terdapat 400 bahan kimia berbahaya dan 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Saat merokok pun seseorang tidak hanya membahayakan kesehatan pernafasan dirinya sendiri namun juga orang-orang disekitarnya. Asap rokok yang terhirup oleh perokok pasif atau mereka yang tidak merokok bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang sangat berbahaya. Kebiasaan merokok dalam waktu yang lama bisa berakibat pada penyakit pernafasan seperti asma, brhonkitis, dan bahkan kanker paru-paru. Karena itu sebaiknya segeralah menghentikan kebiasaan merokok Anda sesegera mungkin untuk menghindari masalah pernafasan yang berbahaya.
  • Lindungi diri. Bila Anda bekerja di daerah yang berbahaya bagi kesehatan pernafasan, seperti di pabrik atau tambang, maka lindungilang diri Anda dengan masker. Selain menggunakan masker setiap kali Anda bekerja untuk mengurangi resiko penyakit pernafasan, periksakanlah diri Anda secara rutin ke dokter. Pemeriksaan foto atau scan dada (paru-paru) secara rutin ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit pernafasan yang bisa menyerang Anda.
  • Imunisasi dan vaksin. Beberapa penyakit pernafasan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri misalnya saja TBC. Sebagai pencegahan, pastikan anak-anak Anda untuk mendapatkan imunisasi atau vaksin CPT dan BCG. Vaksin ini juga bisa diulang kembali ketika dewasa.
  • Hindari kontak dengan penderita. Penyakit pernafasan sangat mudah menular melalui udara, karena itu sebaiknya hindarilah kontak dengan penderita penyakit untuk mencegah Anda tertular dengan penyakit yang sama.
  • Perkuat sistem imun. Dengan memperkuat sistem imun tubuh, Anda juga meminimalisir kemungkinan terjangkit atau tertular penyakit yang bisa menyerang pernafasan Anda. Untuk meningkatkan sistem imun ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan bervitamin, seperti vitamin C dan E serta mengandung Zinc yang tinggi. Selain itu, usahakan untuk selalu tidur yang cukup dan teratur, mencuci tangan sebelum makan, rutin berolahraga, dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan segeralah periksakan diri ke dokter bila merasa mulai terganggu kesehatannya.
  • Perhatikan juga asupan makanan yang akan dikonsumsi setiap hari. Khususnya untuk penderita penyakit pernafasan seperti Asma, ada 4 Makanan Untuk Penderita Asma yang bisa dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan.

Pernafasan merupakan organ yang penting bagi manusia, karena itu sudah selayaknya untuk dijaga agar selalu sehat.

One thought on “Cara Pencegahan Penyakit Pernafasan

  1. Pingback: Waspadai Penyakit Pernafasan MERS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE