Cashless dan Reimburse Allianz Klaim Asuransi Kesehatan

cashless atau reimburse

image source: GoPremi

Bagi Anda yang sudah lama menggunakan asuransi kesehatan untuk melindungi diri Anda dan keluarga, pasti familiar dengan dua metode Allianz klaim, yaitu cashless dan reimburse. Akan tetapi, bagi Anda yang baru akan mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan Allianz Indonesia, mungkin masih bingung dengan kedua istilah tersebut. Simak ulasan di bawah ini untuk membantu Anda memahaminya.

  • Cashless

Metode klaim ini sudah diterapkan oleh hampir semua perusahaan asuransi, termasuk Allianz. Sesuai dengan namanya, Anda akan diberikan kartu asuransi oleh Allianz dan menunjukkannya pada bagian administrasi di rumah sakit untuk proses klaim. Meski begitu, ada beberapa rumah sakit yang memiliki prosedur sedikit berbeda, misalnya meminta Anda untuk mengisi form Allianz klaim terlebih dahulu.

Saat melakukan pembayaran di rumah sakit, Anda cukup menyerahkan kartu asuransi pada bagian pembayaran untuk kemudian dilakukan konfirmasi ke pihak asuransi. Jika klaim sesuai dengan daftar manfaat yang Anda dapatkan, maka petugas rumah sakit akan menggesekan kartu asuransi Anda ke mesin pembayaran. Secara otomatis, nilai pertanggungan Anda akan berkurang sesuai dengan jumlah tagihan dari rumah sakit.

Metode klaim ini sangat praktis karena Anda bisa berobat ke rumah sakit tanpa perlu mengumpulkan dokumen untuk mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Tapi yang perlu diingat, Anda bisa memanfaatkan metode cashless ini di rumah sakit rekanan saja.

  • Reimburse

Pada metode ini Anda harus menanggung terlebih dahulu biaya berobat dan mengisi formulir serta mengumpulkan dokumen pendukung lainnya untuk kemudian dikirimkan ke perusahaan asuransi agar klaim Anda dapat diproses. Hal inilah yang membuat metode klaim ini kurang begitu disukai oleh para pemegang polis.

Meskipun klaim asuransi kesehatan Allianz dengan metode reimburse tidak banyak dijalankan oleh para pemegang polis, bukan berarti metode ini tidak lagi digunakan. Sebab, jika Anda berobat ke rumah sakit yang bukan rekanan, Anda harus menempuh metode reimburse untuk memproses klaim Anda. Itulah kenapa penting juga untuk Anda memahami metode klaim asuransi dengan metode reimburse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE