Cat Dinding Apartemen Mengelupas? Yuk, Perbaiki Sendiri!

cat dindingAnda pasti kesal ketika melihat cat dinding di apartemen mengelupas? Bagaimana tidak, mengelupasnya cat dinding ini bisa memberikan kesan tidak bagus untuk ruangan apartemen. Memang sih, pengelupasan cat dinding ini tidak akan terjadi bila Anda baru saja membeli salah satu unit kamar di apartemen The Parc karena ruangannya yang terbilang masih baru. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda mengetahui tips memperbaiki cat dinding yang mengelupas tersebut.

Nah, sebelum memperbaikinya, ketahui dulu beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan cat dinding tersebut bisa mengelupas, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak memakai cat dasar ketika mengecat dinding.
  • Daya rekat kurang karena permukaan dinding kotor, berdebu, ataupun berminyak.
  • Tembok yang belum kering saat dicat namun sudah digunakan untuk meletakkan perabotan.
  • Plamir dan dempul yang digunakan berkualitas rendah.
  • Tidak mengerok cat lama saat mengecat ulang dinding.

Lantas, bagaimanakah cara memperbaiki cat dinding yang mengelupas di apartemen? Langsung disimak ulasannya di bawah ini, yuk!

  • Pertama, lepaskan cat yang sudah mengelupas sampai terlihat material penutup dinding. Ini sangat penting dilakukan karena jika cat baru ditimpa ke cat lama malah bisa membuat cat tersebut tidak bisa bertahan lama.
  • Selanjutnya, bersihkan dinding menggunakan amplas. Ketika memilih amplas, perhatikan ketebalan dari amplas tersebut. Jangan sampai memilih amplas yang terlalu tebal karena ditakutkan nanti malah bisa merusak tembok apartemen dan jangan yang terlalu tipis pula.
  • Setelah itu, Anda tinggal membersihkan dinding menggunakan air, kemudian diamkan selama beberapa hari sampai tembok benar-benar kering. Atau, jika mau, Anda juga bisa menggunakan paint remover.
  • Barulah kemudian cat ulang dinding tersebut menggunakan cat dasar. Biasanya, warna yang digunakan untuk cat dasar ini adalah berwarna putih. Jika sudah diaplikasikan, tunggu sampai cat kering. Namun, perhatikan apakah ada kerusakan di bagian dinding apartemen, jika ada Anda harus memperbaiki kerusakan tersebut terlebih dahulu.
  • Terakhir, cat dinding tersebut dengan cat baru dengan warna yang sesuai dengan pilihan Anda. Proses pengecatan bisa dilakukan dari atas ke bawah menggunakan roll.

Bagaimana? Mudah sekali bukan memperbaiki cat yang mengelupas? Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE