Cegah Kerusakan Router Dengan Cara Ini

router

image source: OpenWrt Forum

Router menjadi sebuah benda yang sangat penting keberadaannya, khususnya untuk mendukung sebuah bisnis. Itulah alasannya toko yang jual Router WiFi selalu memiliki konsumen yang tak pernah habis. Karena meskipun alat ini bersifat awet atau tahan lama, namun jumlah yang membutuhkannya juga semakin bertambah. Belum lagi jika ternyata router yang dimiliki mengalami kerusakan dan tidak lagi bisa diperbaiki, mau tidak mau harus membeli yang baru, kan?

Yap, memang meskipun awet bukan berarti alat ini bebas dari risiko kerusakan. Namun sebenarnya Anda bisa berusaha untuk mencegah terjadinya kerusakan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Lokasi penyimpanan router

Cukup banyak orang yang meletakkan router di lantai dengan tujuan meredam panas. Padahal dengan meletakkannya di sana, router akan semakin berisiko dimasuki debu atau kotoran halus lainnya yang meningkatkan risiko router mengalami kerusakan. Sebaiknya hindari menyimpan router pada area yang berdebu. Selain itu, hindari juga menyimpan router di area yang memiliki getaran, seperti di atas CPU. Sebab ketika PC menyala maka CPU akan bergetar dan berisiko mempercepat kerusakan alat ini.

  • Perhatikan kabel

Saat mengistall router perhatikan kabelnya baik-baik. Jangan memaksakan jika memang kabel tidak memiliki panjang yang cukup. Sebaiknya carilah lokasi lain untuk menempatkan router ini sesuai dengan kabelnya. Pastikan juga bahwa kabel terpasang dengan baik pada port karena jika sampai port mengalami kerusakan maka router Anda tidak akan dapat lagi digunakan. Anda juga harus memeriksa dan pastikan bahwa kabel tidak tertimpa oleh apapun karena akan membuat kabel router menjadi rusak dan harus diganti dengan kabel yang baru.

  • Stabilitas listrik

Masalah listrik yang tidak stabil menjadi salah satu penyebab kerusakan cukup banyak router. Sayangnya Anda tidak bisa melakukan apapun karena masalah ada pada listrik di lokasi Anda. Meskipun begitu, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan stabilizer. Dengan alat ini, maka aliran listrik akan dapat mengalir lebih stabil. Namun yang harus Anda perhatikan yaitu besaran output pada setiap port listrik yang ada di stabilizer. Pilihlah kontak listrik dengan output yang sesuai dengan kebutuhan router Anda agar router dapat berfungsi maksimal.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membuat router WiFi Anda menjadi lebih awet. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE