Cerdas Ketika Memilih Ban Mobil

Ban merupakan salah satu komponen yang terdapat di dalam mobil, yang digunakan untuk memberikan kestabilan kepada kendaraan ketika dikendarai di jalanan umum. Selain itu, ban juga difungsikan untuk melindungi roda dari kerusakan maupun aus selama dijalankan baik di jalanan berbatu maupun beraspal. Ketika ban ini terus digunakan untuk bepergian, tentu saja akan menyebabkan ban menjadi halus atau licin.

Jika ban sudah licin, tentunya Anda pun akan menggantinya dengan yang baru. Namun, saat memilih ban yang sudah halus ini, tidak menutup kemungkinan banyak dari Anda semua salah ketika membelinya, sehingga mengakibatkan kendaraan yang sebelumnya diambil menggunakan kredit kendaraan bermotor sangat tidak nyaman ketika digunakan.

Ban

Nah, supaya Anda tidak salah dalam memilih maupun membeli ban untuk kendaraan ini, alangkah baiknya Anda harus memerhatikan beberapa tips yang kami paparkan di bawah ini:

  1. Melihat ukuran dan tipe ban. Ketika Anda membeli dan akan mengganti ban dengan yang baru, kalian sebelumnya harus melihat ukuran sekaligus tipe ban yang akan dibeli. Ukuran dan tipe ban ini tertera pada plakat di pintu maupun laci, di bagian belakang tutup tangki, dan kertas petunjuk penggunaan. Biasanya, untuk tipe dan ukuran ban ini terdapat huruf khusus yang bisa diketahui oleh para penggunanya. Misalnya, jika di ban ada huruf dengan awalan P, berarti ban dibuat untuk para penumpang. Selain itu ada pula huruf ST atau Special Trailer, LT disingkat Light Truck, R artinya Radial, serta T yang berarti ban serap.
  2. Mencari tahu lebar dari ban. Seperti yang sudah ketahui, lebar ban di setiap mobil yang sudah dikeluarkan oleh dealer mobil, berukuran berbeda diantara yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu, sebelum Anda hendak membeli ban untuk mobil ini, alangkah baiknya Anda mencari tahu berapa lebar ban yang digunakan untuk mobil Anda. Semakin lebar ban yang diperuntukkan untuk mobil ini, maka performa yang diberikan pun akan semakin bagus. Namun, apabila lebar ban yang dijadikan untuk roda mobil tidak sesuai, tentu saja cengkeraman yang dihasilkan tidak akan berkualitas.
  3. Memerhatikan pola yang ada pada ban. Saat Anda memilih ban mobil ini, ada baiknya Anda memerhatikan pola yang ada pada ban. Untuk jalanan yang bertekstur normal, pola ban yang digunakan yang biasa-biasa saja. Namun, untuk jalanan maupun daerah yang mempunyai curah hujan tinggi, pilihlah pola ban yang berbentuk V, dikaranekan ban berpola V mampu memberikan cengkeraman yang sangat baik dari biasanya. Sedangkan, jika daerah maupun jalan sangat kering, Anda bisa memilih ban yang memiliki guratan banyak.
  4. Melihat tahun diterbitkan ban. Agar kalian tidak salah dalam memilih ban mobil, kalian harus melihat kapan tahun diterbitkan ban tersebut. Jika terdapat ban yang tahun terbitnya sudah lama, kalian jangan langsung membelinya disebabkan harga yang ditawarkan sangat murah. Akan tetapi, pilihlah ban yang tahun terbitnya tidak lama dari enam maupun dua belas.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika membeli maupun memilih ban untuk kendaraan. –SH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE