Cerdas Memilih Properti di Indonesia

Properti Indonesia - FarpointSelain emas, pasar modal, dan pasar uang , properti adalah salah satu sasaran investasi yang paling populer. Properti Indonesia banyak diminati untuk para investor jangka panjang, karena rata-rata harganya selalu naik setiap tahunnya dan banyak sekali orang yang membutuhkan properti, baik itu tanah maupun bangunan.

Wajar bagi para investor untuk sangat menaruh minat kepada properti. Meskipun memiliki beberapa keuntungan, namun bukan berarti investasi ini tidak mungkin memberi kerugian bagi investor. Agar investor dapat terhindar dari kerugian setelah mengeluarkan uang dalam jumlah cukup banyak untuk investasi ini, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, antara lain:

  • Ketahuilah budget Sebelum menginvestasikan uang ke dalam sebuah properti, penting untuk mengetahui cash flow Anda sendiri agar jelas apakah Anda punya cukup uang untuk melakukan investasi atau tidak.
  • Pastikan juga Anda dapat menanggung biaya-biaya seperti biaya asuransi dan perawatan, jika Anda menginvestasikan pada bangunan. Jagalah juga properti Anda dengan baik untuk mengurangi kemungkinan dibutuhkannya biaya perbaikan sesuatu yang sebenarnya tidak akan rusak ketika dirawat baik-baik.
  • Carilah properti yang berada di area pertumbuhan, terutama yang berada di dekat sekolah, universitas, atau fasilitas-fasilitas penting lainnya.
  • Jangan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi pada tujuan investasi, dan tetap sadar kepada keadaan ekonomi pada saat Anda membeli.
  • Jika Anda bisa merenovasi rumah (skala kecil), maka lakukanlah sendiri ketimbang membayar tukang untuk menekan biaya.
  • Untuk properti yang ingin disewakan, prioritaskan kenyamanan, kebersihan, dan fungsionalitas di atas penampilan luar dan interior yang bagus.
  • Ketika memilih properti, jangan mudah terpengaruh faktor-faktor sentimental dan emosional. Pikirlah matang-matang sebelum memilih properti.
  • Jika cicilan rumah Anda sendiri belum selesai, maka prioritaskan untuk melunaskan cicilan rumah sebelum membeli rumah baru.
  • Panggillah ahli bangunan untuk mengecek properti baru Anda sebelum kontrak ditandatangani. Hal ini penting untuk mengetahui apakah properti baru Anda memiliki masalah-masalah seperti rayap, tikus, atau masalah-masalah lain yang dapat menjadi masalah besar ke depannya.

Menginvestasikan uang di properti dapat menjadi hal yang sangat menguntungkan, tetapi dengan mengikuti tips-tips ini, Anda bisa dapat menjadi lebih cerdas dalam memilih dan membeli properti untuk mendapatkan keuntungan maksimal. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE