Coldset dan Heatset pada Offset Printing

Digital PrintingJasa Offset Printing Jakarta adalah jasa percetakan yang menggunakan teknik offset pada proses kerjanya. Teknik ini juga sering disebut sebagai teknik cetak datar karena bagian yang mencetak dan tidak dicetak memiliki kedudukan yang sama datar. Teknik offset sendiri yaitu sebuah teknik dimana gambar bertinta dipindahkan dari sebuah tempat (plate) kedalam lembaran karet (rubber blanket) kemudian baru ke permukaan yang akan dicetak. Karena terdapat peralihan dalam teknik ini, maka dalam cetak offset membutuhkan setidaknya tiga buah silinder utama, yaitu silinder pelat, silinder blanket, dan silinder impression.

Dalam teknik cetak offset, terdapat dua buah metode yang bisa digunakan yaitu:

  • Coldset

Metode coldset yaitu dimana proses pengeringan tinta berlangsung secara bertahap secara alami, yaitu dengan proses penguapan dan penyerapan tinta ke dalam kertas.Metode ini paling sering digunakan untuk mencetak pada jenis kertas uncoated seperti kertas koran. Karena tinta tidak segera mengalami proses pengeringan, sehingga seringkali tertinggal residu pada kertas. Inilah yang membuat tinta pada koran menempel pada tangan kita dan membuat tangan kita menjadi kotor. Jenis kertas uncoated berharga cukup murah dan metode cetak inipun adalah salah satu bentuk cetak yang ekonomis, karena itulah metode ini sering digunakan untuk mencetak produk yang membutuhkan harga ekonomis.

  • Heatset

Metode ini merupakan kebalikan dari coldset, artinya pada metode ini terdapat proses pengeringan tinta. Tinta yang digunakan dalam metode cetak ini berbeda dari yang digunakan pada coldset. Pada heatset tinta yang digunakan mengandung berbagai pelarut yang membentuk tinta berbasis minyak. Tinta ini tidak dapat menyerap kedalam kertas, ataupun mengalami penguapan secara alami. Untuk proses pengeringan tinta, kertas yang telah dicetak akan dimasukkan kedalam oven heatset. Disinilah proses penguapan tinta akan terjadi dan hanya akan meninggalkan resin, lilin dan pigmen pada kertas. Selanjutnya, kertas akan melewati roll dingin untuk memperkuat hasil cetakan. Proses selanjutnya yaitu pada heatset presses yang akan menambahkan aplikator silikon untuk mencegah tinta yang belum 100% kering mengotori bagian lainnya saat proses lipat. Ini juga akan menambah kelembaban kertas yang hilang selama dalam oven.

Selain cetak offset masih ada jasa cetak lain seperti cetak sticker yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan kreasi mempercantik dinding di rumah. (Yv)

One thought on “Coldset dan Heatset pada Offset Printing

  1. Pingback: Mengenal Cetak Offset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE