Daftar Merk Helm SNI

Peraturan tentang kewajiban penggunaan helm SNI (Standar Nasional Indonesia) memang sudah diberlakukan 4 tahun lalu, tepatnya 1 April 2010. Peraturan ini berlaku untuk semua pengguna sepeda motor, dimana jika pengguna sepeda motor tidak menggunakan helm SNI akan dikenakan denda 250 ribu. Namun sejak peraturan menggunakan helm SNI ini diberlakukan hingga kini, ternyata banyak warga belum mengetahui merk helm apa saya yang telah menggunakan label SNI pada produk-produk helm yang diproduksinya.

Helm SNIPeraturan mengenai helm label SNI ini tentu sudah diuji keamanan dan kenyaman, sehingga fungsi dari helm sebagai pelindung kepala dapat berfungsi dengan baik. Selain itu dikeluarkannya peraturan ini juga diperuntukkan untuk menekan angka kematian akibat kecelakan sepeda motor yang setiap tahun terus menerus meningkat. Oleh karena itu, helm SNI ini didesain khusus dengan bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai pelindung kepala untuk menahan terjadi benturan ketika kecelakaaan terjadi. Helm memang merupakan perlengkapan motor yang sangat penting dan harus dikenakan ketika berkendara di jalan raya.

Berdasarkan informasi dari Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) yang dikutip dari Liputan6.com, bahwa AIHI yang membawahi setidaknya 8 perusahaan produsen helm di Indonesia mengklaim bahwa semua produk helm yang dipasarkan sudah menggunakan berlabel SNI. Namun seperti yang telah diinformasikan oleh pihak Kepolisian melalui Traffic Management Center Kepolisian Daerah Metro Jaya, ada beberapa Daftar Merk Helm SNI ini diantaranya :

  1. NHK
  2. GM
  3. VOG
  4. MAZ
  5. MIX
  6. INK
  7. KYT
  8. MDS
  9. BMC
  10. HIU
  11. JPN
  12. BESTI
  13. CROSX
  14. SMI
  15. SHC
  16. OTOKOGI
  17. CABERG
  18. HBC
  19. Cargloss Helmet

Namun tidak hanya helm SNI yang banyak dijual di pasaran, namun bahkan ada beberapa helm-helm terkenal yang justru helm dengan harga mahal (bisa mencapai jutaan rupiah) yang justru kualitasnya lebih baik dari SNI itu sendiri. Diantara helm-helm ternama tersebut adalah :

  1. Nolan
  2. Arai
  3. AGV
  4. Shoei
  5. Shark
  6. KBC

Namun semua produk helm baik itu helm SNI atau helm dengan kualitas lebih baik justru bukan jaminan Anda bisa selamat ketika kecelakaan. Oleh karena itu, belilah helm SNI untuk meminimalkan dampak yang akan terjadi kepada si pengendara. Selain itu menggunakan helm SNI tentu juga mendukung gerakan cinta produk Indonesia. Jadi, beli dan selalu pakai helm SNI ketika berkendara! -apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE