Dampak Penggunaan Ban di Luar Ukuran Standar

Ban MobilBan adalah salah satu dari beberapa komponen mobil yang sangat penting. Bagaimana tidak, tanpa adanya ban ini tentunya tidak akan ada mobil yang bisa berjalan. Tidak peduli apapun jenis mobil yang dikendarai, misalnya Mitsubishi Delica ataupun jenis mobil lainnya. Selain itu, ban ini juga sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan berkendara. Karena itulah, memilih ban mobil yang tepat merupakan hal yang wajib dilakukan.

Ketika kita membeli mobil baru, kita sudah pasti akan mendapatkan ban dengan ukuran standar yang memang disarankan oleh pihak pabrikan. Namun, setelah ban rusak atau waktunya diganti, terkadang kita mulai tertarik untuk mengubahnya dengan ukuran yang lain. Hal ini memang diperbolehkan, selama masih dalam batas wajar. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk mengganti ukurannya di luar standar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dampak dari perubahan ini :

  • Ban mobil dengan diameter berukuran kecil akan membuat tinggi mobil menjadi terlalu rendah. Hal ini akan membuat kita kesulitan untuk menghadapi beberapa jenis jalanan. Misalnya, kita harus berjalan dengan kecepatan sangat rendah dan menyetir dengan sangat hati-hati saat berada di jalanan berlubang atau tanjakan, karena beresiko tersangkut akibat mobil terlalu rendah.
  • Selain ban berdiameter kecil, merubah ban mobil menjadi lebih besar juga tidak dapat membuat kita kesulitan berkendara. Bahkan, hal ini bisa berbahaya bagi kita dan orang disekitar kita. Ban yang terlalu besar ini, akan beresiko membentur sisi atas body mobil (yang berdekatan dengan ban) saat berada pada kondisi medan yang kurang baik.
  • Banyak yang menggunakan ban mobil dengan ketebalan di atas standar. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat berada dalam mobil, karena akan membuat guncangan sedikit terredam. Namun, hal ini ternyata juga akan menurunkan akurasi kemudi.
  • Selain ban tebal, banyak juga yang menggunakan ban tipis dengan alasan memperindah tampilan. Padahal, ban berukuran tipis ini beresiko merusak velg mobil. Apalagi, jika jalanan yang sering kita lewati adalah jalanan dengan kondisi kurang baik (berlubang dan banyak tanjakan). (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE