Dampingi Anak Belajar, Bukan Memaksanya

Dampingi Anak BelajarPada periode emas, banyak orangtua yang berusaha untuk memasukkan berbagai pengetahuan kepada anaknya. Bahkan, di usia ini mulai banyak orangtua yang mulai mengajak anaknya untuk belajar bahasa inggris anak usia dini. Dengan berbagai cara, orangtua mengajarkan berbagai hal pada anaknya. Harapannya, agar saat anaknya memasuki sekolah, anak sudah memahami berbagai hal dan bisa memperlihatkan kepandaiannya kepada guru dan teman-teman di Sekolahnya.

Mengajarkan anak berbagai hal sejak dini, sebenarnya bukanlah hal yang salah. Karena, anak memang sudah saatnya untuk mempelajari berbagai hal. Namun ingatlah, apakah yang diajarkannya tersebut sudah sesuai dengan usianya, dan perhatikan juga bagaimana cara mengajarkannya. Apalagi, jika anak diajarkan sejak masih sangat dini.

Pada usia ini, orangtua bisa mulai mengajarkan anak dengan berbagai hal di sekelilingnya, namun jangan menargetkan apapun. Ingatlah, bahwa target yang ditetapkan orangtua akan menjadi sebuah tekanan bagi anak dan orangtua. Selain itu, kemampuan setiap anak dalam menyerap berbagai hal baru tidaklah sama, ada yang hanya membutuhkan waktu sebentar, dan ada juga yang membutuhkan waktu lama. Karena itulah, jangan pernah sekalipun membandingkan anak dengan anak lainnya yang memiliki kemampuan lebih cepat dalam memahami berbagai hal. Bahkan ada kalanya para orangtua untuk selalu dampingi anak belajar, sehingga akan lebih mudah memberikan pengertian ataupun jawaban ketika anak bertanya sesuatu hal yang tidak ia mengerti.

Meskipun saat itu usia anak mungkin masih sangat dini (misalnya 1 tahun), anak sudah sensitif yang mengetahui ketika orangua merasa lebih bangga pada anak lain dibandingkan dengan dirinya. Pada awalnya, mungkin orangtua melakukan hal ini untuk memotivasi sang anak agar bisa sepandai anak lainnya, sayangnya dampak yang ditimbulkan justru beragam. Ada yang justru merasa tidak dianggap oleh orangtuanya, atau membuatnya jadi kurang percaya diri.

Selain itu, ada hal lain yang harus diperhatikan orangtua saat mengajarkan anaknya yang masih berusia dini, yaitu ajarkan dengan cara yang menyenangkan dan jangan memaksanya untuk belajar. Anak masih senang bermain, karena itulah mengajarkannya dengan cara yang terlalu serius hanya akan membuatnya stress. Apalagi, orangtua terus menerus memaksanya belajar berbagai hal sebelum waktunya, ini akan membuat anak semakin merasa tertekan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE