Data Center di Indonesia

Data Center merupakan pusat penyimpanan dimana data dan informasi diorganisir. Biasanya data dan informasi yang disimpan berkaitan dengan bisnis tertentu. Namun tidak tertutup kemungkinan beberapa organisasi yang tidak berbasis bisnis juga menggunakan sistem data center untuk menyimpan data mereka.

data center di indonesiaContoh data center organisasi yang tidak berbasis bisnis adalah National Climatic Data Center atau (NCDC). NCDC merupakan data center publik terbesar di dunia yang mengumpulkan dan menyimpan informasi cuaca dunia. Jadi bisa dibilang hampir semua organisasi baik yang berbasis binis maupun tidak memiliki data center masing-masing. Dan kadang-kadang, mereka menyebutnya bukan sebagai data center melainkan ruang server.

Untuk membuat sebuah data center bukan merupakan pekerjaan yang murah. Diperlukan biaya yang cukup banyak untuk membuat sebuah data center yang mampu menampung semua informasi organisasi. Di Indonesia sendiri untuk punya data center sendiri cukup sulit. Diperlukan tempat yang cukup luas dan peralatan yang mahal. Tidak hanya pada awal pembelian, pada saat maintain biaya yang dikeluarkan juga tidaklah sedikit. Jadi Peluang ini digunakan oleh beberapa pembisnis dengan membangun data center public yang bisa disewa.

Data Center Indonesia memang jumlahnya tidak sebanyak seperti negara-negara berkembang lainnya. Beberapa nama data center Indonesia yang menawarkan jasa penyewaan adalah
• Biznet Data Center
• DCI Indonesia
• Nex Datacenter
• PT NTT Indonesia
• Telkomsigma

Selain 5 nama data center Indonesia di atas tentu masih ada beberapa data center yang bisa dipilih.

Memilih Data Center Indonesia
Semakin berkembangnya dunia teknologi , semakin banyak sistem data center  atau Colocation, Dedicated Server dan VPS yang diciptakan. Semakin tinggi sebuah sistem data center (terbaru), biasanya menawarkan keunggulan seperti semakin cepatnya aliaran data atau informasi dari data center ke desktop kita. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, permintaan data center semakin meningkat sehingga tidak heran bila makin banyak data center Indonesia yang ada. Nah, karena semakin banyak berarti kita harus semakin jeli dalam memilih. Berikut ini beberapa kriteria data center Indonesia yang baik:

  • Memiliki sistem pendingin 24 jam yang baik untuk memastikan bahwa suhu ruangan tidak panas dikarenakan kerja mesin yang terus menerus.
  • Sistem pemulian ketika terjadinya bencana. Bencana alam yang umumnya terjadi dinegara tropis seperti Indonesia adalah gempa dan banjir. Pastikan jasa data center yang akan dipilih memiliki sistem untuk memulihkan data center ketika ada masalah ini. Pada umumnya cara pemulih ini adalah menyediahkan sistem backup.
  • Memiliki sistem keamanan yang baik. Dikarenakan informasi dan data yang tersimpan sangat penting, jadi kita harus memastikan bahwa tempat yang kita sewa memang aman. Keamanan yang baik ini tidak hanya pada fisik saja tetapi juga pada server seperti perlindungan dari hacker.
  • Sistem yang dapat mendetaksi dan meminimalis resiko kebakaran. Ingat kebakaran bisa terjadi karena konslet pada kabel listrik dan peralatan data center ini merupakan peralatan yang penuh dengan kabel jadi carilah layanan yang memiliki sistem keamanan pada api.

Semoga informasi ini dapat membantu dalam memilih data center Indonesia terbaik. –hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE