David Karp, CEO Muda dari Tumblr

David Karp

source: google

Siapa di antara kalian yang sering menggunakan situs micro-blogging Tumblr? Pastinya sangat banyak, ya! Tumblr memang menjadi primadona masyarakat dunia sejak pertama kali peluncurannya. Situs ini bisa diakses secara global melalui berbagai perangkat elektronik mulai dari komputer pc, laptop, bahkan melalui ponsel dengan merk handphone terbaik atau menengah.

Adalah David Karp, pemuda kelahiran 1986 asal New York, yang menjadi sosok terciptanya sosial media ini. Muda, berbakat, kreatif, dan juga cerdas. Itulah kesan yang melekat padanya. Sosoknya menarik perhatian publik ketika Yahoo mengumumkan untuk membeli situs Tumblr dengan angka 1,1 miliar dollar AS dalam bentuk tunai. Angka yang sangat fantastis mengingat usia Tumblr baru seumur jagung. David setuju dengan angka yang ditawarkan oleh Yahoo dan sampai sekarang masih menjabat sebagai CEO Tumblr.

Popularitas Tumblr yang langsung menarik perhatian generasi muda memang mencengangkan. Pasalnya, Tumblr tidak hanya berperan sebagai situs blogging saja, tetapi juga sebagai media sharing untuk video, audio, bahkan gambar. Tidak heran jika David disebut sebagai pemuda cerdas yang penuh ide brilian; konsep yang diciptakannya saat membuat Tumblr memang sangat jenius.

Sejak kecil, David sudah tertarik pada dunia komputer. Ia mengenal HTML sejak umur 11 tahun dan sudah belajar merancang website ketika anak-anak seusianya sibuk bermain sepak bola. David sempat bercita-cita untuk menempuh pendidikan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) namun tidak terwujud karena ia lebih suka belajar secara otodidak.

Meski David terkenal sebagai anak yang cerdas, tidak banyak yang menyangka bahwa ia drop out semasa SMA. Alasan drop out-nya David dari SMA bukan karena ia malas atau karena tak bisa mengikuti pelajaran di sana, melainkan karena sang ibu yang menyarankannya. Ibunda David yang bekerja sebagai seorang guru science di sebuah sekolah swasta, meminta putranya untuk keluar dari sekolah dan mengikuti homeschooling karena David terlihat lebih bersemangat ketika mengutak-atik komputer di rumah. Dan ibunya pula yang memperkenalkan David dengan Fred Seibert, produser TV ternama yang kemudian menerima David sebagai anak magang di perusahaannya. Selama magang, kemampuan David dalam bidang coding dan website development pun semakin berkembang.

Setelah selesai magang, David pun kemudian pergi ke Tokyo alih-alih melanjutkan kuliah. Ia bekerja dalam sebuah perusahaan startup bernama UrbanBaby dan menjabat sebagai Head of Product lalu Chief Technology Officer di sana. Ketika UrbanBaby diakuisisi oleh CNET Networks pada tahun 2006, David pun kembali ke Amerika dan memutuskan untuk membangun perusahaan miliknya.

Di bawah naungan nama Davidville, impian David untuk membangun sebuah perusahaan perlahan-lahan terwujud. Ia mengerjakan beberapa proyek seorang diri, salah satunya adalah blog sederhana yang merupakan rintisan dari situs Tumblr. Tidak ada yang menyangka bahwa Tumblr yang diciptakan pada tahun 2007 bisa besar seperti sekarang. Bahkan, sebelum dibeli oleh Yahoo, nilai Tumblr sudah diprediksikan menginjak angka 200 juta dollar AS.

Luar biasa sekali, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE