Do’s and Don’ts Makanan Ibu Hamil

Makanan Ibu HamilBukan hanya untuk diri sendiri, seorang ibu hamil juga harus makan untuk asupan nutrisi bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, makanan sehat sangatlah penting untuk ibu dan sang bayi. Seorang ibu hamil tidak boleh sembarangan makan karena makanan yang dimakan akan mempengaruhi pertumbuhan bayi ke depannya. Ada banyak makanan sehat untuk ibu hamil, dan ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Direkomendasikan untuk ibu hamil memperbanyak makan buah, untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang penting untuk perkembangan bayi. Kismis juga mengandung serat, zat besi, dan potassium, juga memuaskan kebutuhan makanan manis. Untuk asupan kalsium, protein, vitamin, dan mineral, yogurt dapat menjadi pilihan yang tepat. Beberapa yogurt juga memiliki probiotik yang membantu pencernaan dan melindungi saluran pencernaan. Untuk cemilan, trail mix yang berupa campuran buah kering dan kacang-kacangan dapat menjadi pilihan. Salad juga menjadi makanan wajib untuk meningkatkan asupan protein dan serat. Namun, pastikan untuk menjaga kebersihan kulkas tempat menyimpan sayuran yang akan dikonsumsi, agar sayuran tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Sebagai minuman sehat, jus jeruk sangat menyegarkan dan juga menjadi sumber vitamin C yang sangat efektif. Untuk sarapan, sereal yang ditambahkan vitamin dan mineral juga bisa menjadi pilihan.

Selain rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil, sebaliknya ada juga makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Mi instan yang penuh garam dan lemak sebaiknya dihindari. Minuman yang mengandung soda juga kurang baik, karena isinya hanya kalori dan gula, sementara masih banyak pilihan minuman lain yang lebih sehat. Fast food, walaupun cepat dan mudah didapat, juga sebaiknya dihindari. Hidangan-hidangan ikan mentah seperti sushi ada baiknya dihentikan dulu selama kehamilan, karena ikan mentah kadang memiliki parasit. Konsumsi ikan masak juga sebaiknya diperhatikan, karena banyak ikan yang tercemar dengan methyl-mercury yang dapat berakibat buruk pada sistem syaraf bayi. Ikan pemangsa seperti hiu sebaiknya benar-benar dihindari, namun ikan-ikan yang lebih kecil seperti salmon, lele, udang, dan tuna dapat dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Bagi calon ibu yang sering minum-minum, sebaiknya hentikan konsumsi alkohol karena dapat memicu Fetal Alcohol Syndrome, yang dapat menyebabkan retardasi mental dan abnormalitas lain pada bayi.

Untuk masa depan anak yang lebih cerah dan sehat, juga kesehatan ibu yang terjamin, ada baiknya sang calon ibu menjaga apa yang mereka makan selama kehamilan berlangsung.(Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE