Fakta unik Milik Sanghyang Heuleut, Hidden Paradise di Bandung Barat

Sanghyang HeuleutJika memilih Hotel di Bandung, sebisa mungkin yang dekat dengan tempat wisata ya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengakses berbagai tempat wisata. Sayang, kan jika sudah pergi ke Bandung tapi malah banyak waktu yang terbuang dalam perjalanan ke tempat wisata? Nah, bicara soal tempat wisata di Bandung, ada nih salah satu objek wisata danau yang terletak di Barat Kota Bandung berbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan Purwakarta. Bisa tebak tempat nama tempat wisata ini? Well, tempat wisata ini bernama Sanghyang Heuleut, danau cantik dengan legenda unik dibaliknya. Penasaran lebih lanjut tentang Sanghyang Heuleut? Yuk baca sampai habis!

  • Sudah ada dari lama tapi baru populer belakangan ini

Danau Sanghyang Heuleut merupakan danau kecil yang mengalir pada arus Sungai Citarum Purba. Lokasinya terletak di dekat PLTA Saguling, Rajamandala. Sanghyang Heuleut sebenarnya sudah ada sejak lama tapi baru terkenal tiga tahun belakangan, sekitar tahun 2015 berkat fotonya yang tersebar di sosial media.

  • Dikelilingi bebatuan purba

Salah satu keistimewaan Sanghyang Heuleut adalah penampilannya yang eksotis. Tampilan ini juga didukung oleh bebatuan purba di sekeliling danau. Disebut bebatuan purba karena bebatuan ini berasal dari letusan Gunung Api Purba, bahkan Sanghyang Heuleut sering juga disebut danau purba yang melegenda.

  • Dianggap suci oleh warga sekitar

Sanghyang Heuleut bukannya tanpa makna. Sanghyang berarti “tempat yang suci”, sedangkan Heuleut merupakan “jeda di antara dua waktu”. Tak heran kalau Sanghyang Heuleut sering dianggap suci oleh warga sekitar. Mereka meyakini bahwa siapa pun yang berkunjung ke danau ini harus menjaga tingkah laku dan perkataan agar tidak tertimpa hal buruk.

  • Legenda Bidadari dan Dayang Sumbi

Anda pernah mendengar legenda Sangkuriang? Kalau begitu, pasti Anda mengenal tokoh bidadari dan dayang sumbi. Pasalnya, Sanghyang Heuleut dulunya merupakan tempat singgah para bidadari dan dayang sumbi untuk mengambil air minum, mandi, dan mencuci pakaian.

Selain fakta unik yang dimiliki, pemandangan indah di Sanghyang Heuleut tentu juga menjadi alasan mengapa Anda harus berkunjung ke tempat ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE