Faktor Keselamatan Saat Membersihkan Talang Air

Ketika talang air sudah penuh dengan kotoran, maka talang akan tersumbat dan tidak bisa mengalirkan air ketika hujan turun. Oleh sebab itu, kita harus membersihkannya agar aliran air bisa lancar kembali. Membersihkan talang air sebetulnya susah-susah gampang. Susah karena talang air berada di tempat yang tinggi sehingga sulit untuk dijangkau dan mudah karena membersihkannya ternyata tidak sulit. Namun demikian, kita juga harus berhati-hati sebab talang air yang terbuat dari pipa pvc rentan mengalami kebocoran. Meski harga pipa pvc sangat murah, tidak berarti kita bisa dengan mudah menggantinya saat terjadi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pribadi.

Membersihkan Talang Air

Lantas, faktor apa saja yang harus diperhatikan saat membersihkan talang air?

  1. Bersihkan atap terlebih dahulu. Sebelum membersihkan talang, ada baiknya kita mengecek atap rumah dulu untuk memastikan atap benar-benar bersih. Sebab jika atap tidak dibersihkan, maka ada kemungkinan kotoran yang ada di atap rumah akan tersapu air hujan dan menumpuk di talang air. Akibatnya, meski sudah dibersihkan, tak lama lagi talang air akan tersumbat dan kita harus membersihkannya.
  2. Saat membersihkan atap, pastikan pijakan yang diinjak tidak basah atau licin. Membersihkan atap lebih berbahaya dibanding membersihkan talang air. Jadi, faktor keselamatan harus sangat diperhatikan di sini. Berhati-hatilah dengan instalasi listrik dan jangan lupa gunakan sepatu antiselip, ya!
  3. Atap sudah bersih, kini saatnya membersihkan talang. Gunakan tangga sebagai alat bantu, agar proses berdiri bisa lebih stabil. Tidak hanya itu, tangga ditengarai lebih lebih aman untuk digunakan sebagai pijakan sehingga kita bisa membersihkan talang air dengan lebih nyaman dan praktis. Hanya saja, patut diingat, jangan pernah memijakkan kaki pada satu anak tangga yang sama. Pastikan juga kaki-kaki tangga berada di atas permukaan yang apdat dan tidak licin.
  4. Gunakan sarung tangan saat membersihkan. Kita tidak pernah tahu apa saja yang tersimpan di dalam talang air. Bisa berupa daun-daunan, kerikil, atau bisa juga benda-benda lain yang bisa melukai tangan kita. Oleh sebab itu, selalu gunakan sarung tangan saat hendak membersihkan talang air, ya!
  5. Agar lebih mudah, manfaatkan sekop. Jika talang air benar-benar penuh dengan kotoran, hindari menggunakan tangan untuk membersihkannya. Ambil sekop untuk membantu mengangkatnya. Usahakan untuk menggunakan sekop plastik agar tidak merusak talang air.
  6. Pastikan tidak ada lubang pada talang air. Setelah talang air bersih, tidak ada salahnya untuk mengecek apakah talang air masih berfungsi dengan baik atau malah terdapat kebocoran yang tidak disadari? Jika memang ada kerusakan, segera perbaiki selagi sempat.

Pastikan Anda menggunakan tipe pipa PVC yang tepat untuk pembuatan talang air. Dengan penggunaan pipa yang tepat, maka akan meminimalis kemungkinan pipa mengalami kerusakan sehingga Anda tidak perlu melakukan perbaikan. Itu dia beberapa faktor keselamatan yang harus diperhatikan saat membersihkan talang air. Selamat mencoba dan semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE