Fasilitas Colocation Bantu UKM Bisa Bersaing

Fasilitas Colocation Bantu UKM Bisa BersaingBisnis hosting, data center dan colocation Jakarta Indonesia kini berubah menjadi sebuah bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat. Kondisi ini terus berkembang seiring persaingan bisnis saat sekarang yang makin ketat, dimana ekspansi dunia online yang terus berkembang dan sudah menjadi sebuah keharusan untuk setiap pemilik bisnis untuk bisa bermain di dunia online. Meskipun demikian kebutuhan yang menyangkut masalah teknis ini menjadi suatu problem bagi sebagian besar bisnis, khususnya bisnis kecil atau UKM.

Untuk bisa bersaing di dunia online, butuh untuk membangun investasi berupa sebuah server dengan bandwidth yang cepat sehingga mampu menampung semua lalu lintas online. Untuk membangun server sendiri butuh biaya yang tidak sedikit, sehingga ini menjadi hal yang tidak mungkin untuk bisa dilakukan khususnya untuk bisnis menengah ke bawah demi untuk menjaga persaingan bisnis yang ada. Nah, banyak UKM pada akhirnya menyewa fasilitas colocation sebagai solusi yang paling mungkin untuk dilakukan untuk tetap bisa bersaing dengan para perusahaan besar.

Apa itu fasilitas colocation ?

Layanan fasilitas colocation merupakan layanan data center yang khusus menyewakan ruang penempatan server dan juga bandwidth dengan biaya yang wajar. Perlu diketahui, terdapat berbagai konfigurasi pada colocation seperti 1u colocation, quarter cabinet colocation dan lainnya. Dengan berbagai pilihan konfigurasi ini, Anda bisa memilih colocation yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap bisnis akan menghabiskan banyak biaya hanya untuk membangun infrastruktur dan sistem, namun dengan menggunakan layanan fasilitas colocation biaya tersebut bisa dihilangkan. Meskipun demikian, penggunaan colocation sendiri bukan hanya untuk kebutuhan online saja, namun offline pun juga bisa menggunakannya.

Manfaat dari Fasilitas Colocation

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan setiap pengguna layanan ini. Selain biayanya yang terjangkau, fasilitas colocation memberikan :

  • Manfaat fisik. Bagi Anda pemilik bisnis menengah ke bawah tidap perlu menyediakan ruangan khusus untuk menempatakan server data dan sistem di rumah, karena layanan colocation sudah memberikan itu semua lengkap dengan sistem keamanan terbaik. Beberapa provider data center yang juga menawarkan layanan colocation memberikan cara khusus untuk masalah keamanan, mulai dari cctv, masuk dengan proses identifikasi, bahkan hingga real time monitoring.
  • Informasi update sekaligus back-up yang bisa diatur. Urusan back-up data yang ada dalam server pun, penyedia layanan data center dan colocation memiliki beberapa cara yang akan memberikan keamanan pada semua file yang ada. Mulai dengan menggunakan perangkat seperti baterai dan generator diesel yang akan otomatis beroperasi ketika listrik mati. Untuk beberapa penyedia layanan data center dan colocation justru melakukan proses back-up yang multi proses, sehingga file dan informasi yang ada tetap aman. Bahkan penyedia memperkerjakan engineer yang standy by 24 jam penuh untuk tetap bisa memantau hal ini.
  • Gunakan sistem pendingin untuk jaga suhu udara di dalam gedung. Yang namanya komputer dan server akan menghasilkan udara panas , apalagi ketiga digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga butuh sistem pendingin yang mumpuni untuk bisa tetap menjaga suhu di ruang server tetap dingin meskipun seluruh server yang ada di dalamnya beroperasi.

Untuk Anda para pemilik usaha menengah ke bawah atau UKM kini beralihlah untuk menggunakan fasilitas data center dengan layanan colocation sebagai nadi dari operasional bisnis Anda! Namun pastikan layanan yang Anda pilih nanti memberikan pelayanan terbaik, sehingga bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar tanpa kendala. -apuy-

One thought on “Fasilitas Colocation Bantu UKM Bisa Bersaing

  1. Pingback: Gunakan Colocation, Biaya Operasional Jauh Lebih Efesien | Tips Indonesia dan Kumpulan Artikel Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE