Fuel Management System Dalam Industri Pertambangan

Sebagai manufaktur perlengkapan alat-alat industri yang telah berdiri selama 40 tahun, Banlaw tentu selalu menghasilkan produk-produk yang unggulan. Salah satu produk terbaik yang dimiliki oleh Banlaw adalah fuel management system (FMS). FMS merupakan sebuah sistem yang diciptakan untuk mengukur dan mengelola fuel atau bahan bakar secara sistematis dengan bantuan teknologi. FMS Banlaw memiliki spesialisasi dalam industri pertambangan dan perkeretaapian.

Bagaimanakah FMS Banlaw digunakan dalam industri pertambangan?

Situs pertambangan memiliki lahan yang amat sangat luas dan lokasi yang seringnya terletak di wilayah terpencil. Kendaraan yang digunakan untuk produksi, pengangkutan bahan baku, maupun pekerja pun bukan jenis yang dapat ditemui di sembarang tempat. Artinya, alat-alat ini memiliki aturan main dan perawatan yang berbeda. Sebagai contoh, truk dalam industri pertambangan rata-rata menghabiskan 350 liter bahan bakar diesel per jamnya. Mengontrol jumlah yang masif ini tentu bukan sebuah pekerjaan mudah. Oleh karena itu, FMS diciptakan.

Kehadiran fuel management system dapat mencegah kemungkinan-kemungkinan seperti keterlambatan bahan bakar maupun kelalaian saat pengangkutan bahan bakar. Pasalnya, kealpaan bahan bakar dapat mengganggu waktu produksi dalam industri, serta penanganan bahan bakar yang salah dapat memungkinkan bahan bakar tumpah dan merusak lingkungan.

FMS milik Banlaw terdiri dari hardware, controller, serta software. Kesatuan ini mampu mengatur delivery (pendistribusian), storage (penyimpanan), dan dispensing (penggunaan) bahan bakar kendaraan industri pertambangan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Banlaw mengklaim dapat mencapai keamanan, kehematan, dan mampu mengontrol sumber daya industri lebih dari 99,5%.

  • Delivery. FMS milik Banlaw memiliki sistem yang terbuka dan transparan, sehingga pemasok dan pengguna bahan bakar dapat mengetahui ataupun mengontrol jumlah bahan bakar yang tersedia bersama-sama. Banlaw juga memberikan jaminan bahwa fuel yang dipasok pasti akan sampai sesuai dengan pemesanan.
  • Storage. Tempat penyimpanan bahan bakar dalam FMS Banlaw cocok untuk penyimpanan bahan bakar yang diam maupun bergerak. Banlaw juga menjamin teknologi mereka dapat mencegah pengisian tangki yang berlebih, memantau isi tangki, mengontrol kehilangan cairan bahan bakar, serta mengatur kondisi stok bahan bakar.
  • Dispensing. Banlaw unggul dalam hal efisiensi dan keamanan bahan bakar. Sebab, teknologi Banlaw dapat melacak konsumsi bahan bakar di setiap armada yang digunakan.

Seperti itulah siklus penggunaan FMS dalam industri pertambangan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.