Gedung Ini Tahan Ledakan serta Badai

Untuk Anda yang tinggal di kawasan luxury residence Mega Kuningan, pernahkah memikirkan bagaimana kondisi gedung tempat Anda tinggal ketika diterpa ledakan dan badai? Apakah bangunan yang tampak kokoh dan telah menghabiskan ratusan juta itu masih bisa bertahan ketika bencana yang menggoncangkan bumi dan nyaris meruntuhkan semua hal? Benarkah ada bangunan yang tetap bisa bertahan meski diguncang gempa bumi yang hebat atau bahkan tsunami?

gedung fbiHal yang tampaknya tidak mungkin ini telah dijawab oleh studio arsitek yang berbasis di Chicago. Biro yang bernama Krueck + Sexton Architects ini merancang gedung FBI di South Florida, Amerika Serikat yang berdiri di atas tanah seluas 350.000 meter persegi. Hebatnya lagi, rancangan bangunan ini akan tahan meski diterpa ledakan atau bahkan badai. Meski bangunannya ditutupi dengan fasad kaca yang seolah tampak rapuh, sebetulnya bagian luar gedung ini terdiri atas unit jendela isolasi yang memiliki pelapis kaca dari logam tabir surya sehingga bisa menahan ledakan dan badai.

Markas besar para agen FBI ini telah ditempati sejak April 2015 lalu. Properti yang memiliki nilai jual 194 juta dolar ini dikabarkan mampu menampung 1000 staf FBI. Gedung yang juga dipantau oleh GSA Design Excellence Program ini memiliki kelebihan selain unggul dari segi arsitektur, yakni sangat ramah lingkungan. Ketika siang hari, gedung kantor ini memaksimalkan tenaga matahari sehingga penggunaan energi bisa diminimalisasi.

Dari segi arsitektur, markas besar FBI ini terlihat sangat futuristik dengan bentuk-bentuk asimetris yang mencerminkan sekuritas dan juga modernitas. Memasuki bagian dalam interiornya, Anda akan dihadapkan dengan patung yang terbuat dari kayu cendana, karya Ursula von Rydingsvard. Kabarnya, pembangunan gedung ini didedikasikan untuk dua agen yang tewas pada tahun 1986, yaitu Benjamin P. Grogan dan juga Jerry L. Dove. Dua agen yang pemberani ini tewas ketika sedang melaksanakan tugas di Miami.

Tertarik untuk mengunjungi dan melihat kemegahannya secara langsung dengan mata kepala Anda sendiri?

2 thoughts on “Gedung Ini Tahan Ledakan serta Badai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE