Gizi Seimbang Untuk Nutrisi Anak

Gizi Seimbang Untuk Nutrisi AnakSaat anak sudah memasuki usia pertumbuhan, gizi seimbang adalah hal yang wajib kita perhatikan agar pertumbuhan si buah hati menjadi optimal. Beragam makanan yang penuh nutrisi kita berikan pada anak dengan harapan agar komposisi asupannya terpenuhi. Namun, tahukah bunda bahwa meskipun kita sudah berusaha untuk memenuhi kadar gizinya, terkadang tanpa sadar kita justru memberikan makanan dengan gizi yang tidak berimbang? Akibatnya, nutrisi pada balita kita pun menjadi tidak terpenuhi.

Sebagai konsumen pasif, dalam artian menerima saja apa yang disediakan oleh orangtuanya, anak tidak memiliki banyak pilihan terhadap menu makanan sehari-harinya. Jika sesuai dengan seleranya, maka anak akan menyantap makanan kita. Oleh sebab itu, kita sebagai orangtua harus lebih memikirkan makanan apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh anak kita. Pasalnya, ketika anak kita tidak mendapatkan asupan gizi yang berimbang, maka pertumbuhan fisik, mental, dan perkembangan kecerdasannya menjadi terhambat. Berikut ini adalah nutrisi yang wajib terpenuhi untuk mencapai gizi seimbang.

  • Karbohidrat. Sebagai sumber energi yang terpenting bagi tubuh, karbohidrat mutlak diperlukan untuk mencapai gizi seimbang. Poin ini akan diisi oleh ragam makanan yang tergolong makanan pokok. Makanan yang termasuk ke dalam karbohidrat adalah nasi, roti, umbi, dan juga gandum.
  • Vitamin dan Mineral. Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang termasuk ke dalam golongan makanan bervitamin dan mineral. Namun, patut diingat bahwa sebaiknya kita memberikan asupan sayur dengan porsi yang lebih banyak jika dibandingkan buah. Jika kita akan memberikan 3–5 porsi sayur pada anak, maka berikanlah 2–3 porsi buah pada anak.
  • Protein. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Makanan yang termasuk golongan protein adalah daging, telur, ikan, susu, produk olahan susu, dan juga produk kacang-kacangan seperti tempe, tahu, dan oncom.
  • Makanan yang mengandung gula, garam, dan minyak. Meskipun baik untuk tubuh, tapi batasi konsumsinya dan jangan sampai berlebihan. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE