Hal Penting Saat Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris cepatBanyak sekali guru bahasa inggris yang mengatakan bahwa salah satu kunci belajar bahasa inggris cepat adalah memperbanyak kosakata. Biasanya mereka akan menyarankan pada muridnya untuk menghafalkan sejumlah kosakata setiap harinya agar jumlah kosakata yang dikuasai muridnya akan semakin bertambah. Namun, sebenarnya selain kosakata masih ada banyak hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan untuk dapat menguasai bahasa inggris dengan baik, yaitu:

  • Writing

Hanya menghafalkan kosakata tanpa mengetahui cara penulisannya yang tepat, tidaklah terlalu bermanfaat. Ingatlah, bahwa penulisan sebuah kata dalam bahasa inggris terkadang berbeda dengan cara pengucapannya. Karena itulah, penting bagi kita untuk memahami penulisannya juga. Kita bisa melatihnya dengan cara sering membuat sebuah kalimat. Jika kita berlatih sendiri, kita bisa mencari buku berisi kumpulan bahasa inggris yang dilengkapi dengan terjemahannya. Lalu, bacalah terjemahan bahasa indonesianya, dan kita tulis ulang kalimat tersebut dalam bahasa inggris, tanpa melihat buku tersebut. Setelah selesai, barulah kita bisa mencocokan kalimat yang kita tulis dengan kalimat dalam buku, apakah sudah benar atau salah.

  • Reading

Saat mempelajari penulisan yang tepat, kita juga bisa belajar cara pelafalan yang tepat. Untuk mempelajari ini, sebaiknya kita dibimbing oleh orang yang sudah lebih memahami bahasa inggris, agar bisa memperbaiki ketika kita salah dalam melafalkan. Jangan takut untuk melakukan kesalahan, karena biasanya kita lebih bisa mengingat setelah melakukan suatu kesalahan.

  • Listening

Meskipun kosakata yang kita kuasai belum banyak, namun tidak ada salahnya kita mulai berlatih listening. Latihlah dengan menyaksikan film atau acara berbahasa inggris favorit kita. Dengarkan baik-baik kata yang diucapkannya, dan cobalah untuk menirukannya sambil memahami arti kalimat tersebut.

  • Speaking

Setelah berlatih 3 hal tersebut, tidak ada salahnya kita mulai berlatih berbicara. Latihan ini, akan lebih efektif dengan cara percakapan dua arah atau lebih. Dengan begini, kita tidak hanya berlatih untuk berbicara bahasa inggris dengan orang lain, tetapi juga sekaligus melatih kemampuan pelafalan dan pendengaran kita. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE