Hal Penting Saat Membuat User Interface Web

User Interface WebsiteApa yang menjadi alasan kamu bisa tetap bertahan di dalam sebuah situs saat sedang browsing menggunakan fiber internet ? Mungkin, beberapa dari kamu akan menjawab, situs tersebut memberikan berbagai informasi yang sedang kamu butuhkan. Ya, informasi atau isi memang sangat mempengaruhi minat user dalam mengunjungi sebuah situs. Bahkan, dapat menurunkan tingkat bounce rate dari sebuah situs.

Akan tetapi, benarkah hanya isi dalam situs saja yang mempengaruhi user dalam mengunjungi sebuah situs? Tentu saja tidak. Masih ada faktor lainnya, dan salah satunya adalah user interface yang menarik. User interface atau yang sering disingkat menjadi UI adalah tampilan sebuah web atau aplikasi yang berhadapan langsung dengan user atau pengguna. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat UI untuk sebuah situs, yaitu :

  • Background

Terkadang, ada orang yang senang menggunakan gambar sebagai background situsnya. Padahal, hal ini justru bisa membuat user merasa malas mengunjungi situs kita loh. Biasanya, kita cenderung menggunakan warna tulisan yang kontras dengan background agar tulisan dapat terbaca dengan jelas. Misalnya ketika background berwarna putih, maka kita menggunakan warna hitam untuk tulisan, atau sebaliknya. Lalu, bagaimana jika background berupa gambar yang memiliki banyak warna? Warna apa yang sebaiknya kita pilih untuk tulisan? Jika kita memilih warna hitam, maka huruf tidak akan terbaca saat berada di atas gambar yang berwarna gelap, jika warna tulisan putih, maka tulisan tidak akan terbaca di atas gambar berwarna terang.

  • Font

Berhati-hatilah dalam memilih font, jangan hanya terfokus pada tipe font kesukaan kita saja. Karena bisa saja font yang kita suka ternyata adalah jenis font yang tidak nyaman untuk dibaca. Misalnya, font yang terlalu banyak lekukan. Sebaiknya, pilihlah jenis font standar yang nyaman dibaca, seperti arial atau sejenisnya.

  • Warna

Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada poin background, pilihlah warna yang kontras untuk tulisan dan background. Namun begitu, kita tidak bisa asal pilih warna yang penting kontras saja, karena ada beberapa perpaduan warna yang akan mata kurang nyaman atau bahkan sakit saat melihatnya.

Beberapa kesalahan dalam membuat UI yang telah disebutkan di atas, dapat membuat sebuah situs kehilangan visitor, meskipun situs tersebut memiliki informasi yang sangat penting. Karena, sepenting apapun informasi yang terdapat dalam sebuah situs, tidak akan berguna jika visitor yang berkunjung tidak membacanya akibat UI yang buruk. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE