Hal Penting Saat Memilih Perusahaan Pengiriman Internasional

Memilih perusahaan pengiriman internasional sebenarnya bukanlah hal yang terlalu mudah, namun bukan berarti kita jadi gegabah dan asal-asalan dalam menentukan pilihan. Dengan mulai banyaknya perusahaan international shipping atau pengiriman ke luar negeri di Indonesia, artinya kita memiliki makin banyak tawaran yang bisa menjadi pilihan.

Meski banyak pilihan, namun belum tentu semuanya baik atau sesuai dengan kondisi kita. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih perusahaan pengiriman internasional, di antaranya :

  • Lisensi dan reputasi

Pengiriman InternasionalKemana pun tujuan pengiriman kita, tentunya akan terasa lebih aman bila perusahaan yang kita pilih telah memiliki lisensi serta reputasi yang baik. Cobalah cari-cari review dari pengguna jasa pengiriman perusahaan tersebut untuk melihat bagaimana reputasinya.

  • Biaya pengiriman

Masalah biaya tentunya merupakan hal utama dalam memilih. Terkadang, ada beberapa perusahaan jasa pengiriman yang memberikan biaya tambahan untuk jasa yang sebenarnya tidak mereka sediakan, yang pada akhirnya tentu akan membebankan si pengguna jasa. Untuk menghindari hal ini, sebelum memilih, cobalah untuk melakukan survey ke beberapa perusahaan jasa pengiriman untuk melihat biaya-biaya apa saja yang dibebankan.

Pastikan petugas pengiriman memberitahukan semua biaya yang harus kita bayarkan, dan tidak ada biaya tambahan yang disembunyikan. Setelah itu, lakukanlah perbandingan dari berbagai biaya ini untuk mengetahui mana yang terbaik dan sesuai dengan budget kita.

  • Metode dan waktu pengiriman

Metode pengiriman barang bisa dilakukan dengan melalui udara, laut, dan darat. Metode pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan shipping berpengaruh pada waktu pengiriman barang. Harganya pun bisa berbeda-beda. Semakin cepat waktu pengiriman, biasanya semakin mahal biaya yang dibebankan. Ini tidak mengherankan mengingat perbedaan waktu yang ditempuh untuk pengiriman udara –yang biasanya merupakan metode paling cepat– bisa mencapai harian bahkan bulanan.

Kalau kita memang memerlukan waktu pengiriman yang cepat, maka persiapkanlah dana yang lebih. Tapi bila memang tidak memungkinkan dari segi budget, maka mau tidak mau kita harus memilih metode pengiriman dengan waktu yang paling lama namun lebih murah.

  • Pastikan perusahaan pengiriman paham urusan custom

Beda negara biasanya memiliki aturan custom yang berbeda. Karenanya sangat penting untuk memilih perusahaan pengiriman yang paham dengan aturan custom, misalnya saja biaya dan aturan lainnya dari berbagai negara. Sehingga pengiriman barang kita pun bisa lebih lancar tanpa masalah karena tertahan di bea dan cukai. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE