Hal Penting saat Mengoperasikan Crane

CraneAda beberapa hal yang sangat mempengaruhi pengoperasian crane, baik dari segi usia pakai, kelancaran maupun keselamatan kerja. Misalnya saja seperti perawatan suku cadang alat berat, kesesuaian fungsi alat berat, batas maksimal kemampuan kerja alat, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu kemampuan operator dalam mengoperasikan alat berat. Meskipun kondisi alat berat dalam kondisi baik atau bahkan masih baru, selalu dilakukan perawatan secara berkala, dan bekerja tidak melebihi kapasitas, namun jika operator yang mengoperasikannya masih belum terlatih, maka tetap saja akan berdampak buruk. Tidak hanya dapat beresiko merusak mesin karena salah dalam pengendaliannya saja, tetapi juga bisa mencelakakan dirinya atau orang-orang yang berada disekitar proyek.

Untuk mengantisipasi agar operator tidak melakukan suatu kesalahan saat mengoperasikan crane, maka crane operator wajib mengikuti pelatihan (sama seperti operator alat berat lainnya). Pelatihan ini tidak hanya untuk melatih seseorang bagaimana cara mengoperasikan crane saja, tetapi juga menjelaskan mengenai berbagai hal penting yang harus diketahui oleh seorang crane operator. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • Untuk dapat mengoperasikan crane dengan cara yang tepat, tentulah crane operator harus memahami berbagai fungsi pada setiap instrumen yang ada pada kabin operator. Meskipun mungkin pada beberapa jenis crane ditemukan posisi yang sedikit berbeda, namun hal ini bukanlah masalah selama operatur benar-benar telah menguasai seluruh instrmen pada crane.
  • Operator juga harus memahami fungsi dari setiap lampu indikator yang menyala pada panel instrumen. Biasanya, ketika terjadi suatu masalah pada crane, akan ada lampu indikator yang menyala sebagai peringatan, misalnya saja seperti peringatan yang ditunjukkan oleh Safe Load Indicator (SLI) ketika mengalami kelebihan beban. Dengan memahami makna dari indikator ini, maka operator dapat segera menginformasikannya pada pusat agar dapat segera dilakukan perbaikan, sebelum crane mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.
  • Selama crane sedang beroperasi, operator tidak boleh meninggalkan kabin operator. Hal ini sangat penting, karena tidak menutup kemungkinan jika terjadi sebuah masalah secara tiba-tiba saat crane sedang beroperasi. Jika operator tetap berada di kabin, maka masalah ini akan dapat segera diatasi. Namun, jika operator tidak berada dalam kabin, maka akan sulit untuk mengatasinya.
  • Crane operator wajib untuk selalu berada dalam kondisi sehat dan penuh konsentrasi saat mengoperasikannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan kesalahan pengoperasian yang dilakukan oleh operator. Selain itu, dengan konsentrasi penuh akan membuat operator selalu siap mengambil tindakan saat terjadi hal diluar dugaan.
  • Hal penting selanjutnya yaitu, hanya operasikan jenis crane yang memang telah dikuasai. Hal ini berkaitan dengan SIO alat berat yang dimiliki oleh operator. Meskipun terlihat mirip, namun akan lebih baik jika operator tidak mengoperasikan crane diluar dari SIO yang telah dimiliki.

Dengan memperhatikan berbagai hal penting diatas, maka diharapkan crane akan dapat dioperasikan dengan cara yang tepat dan aman, sehingga tidak akan membahayakan operator maupun oranglain. (Vita)

4 thoughts on “Hal Penting saat Mengoperasikan Crane

  1. Pingback: Beragam Pembangunan dengan Alat Berat

  2. Pingback: Alat Berat untuk Bongkar Muat di Pelabuhan

  3. Fida Liana

    jika dalam suatu daerah tidak ada yang melatih untuk operasi cren, bagaimana solusinya agar operator cren bisa menoperasikan cren tersebut??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE