Hal Tentang Rem Tangan yang Wajib Anda Ketahui

lem tangan mobilSetelah memiliki mobil, banyak orang yang hanya tahu cara mengendarainya saja. Atau hanya terfokus dengan bagaimana cara memodifikasi mobilnya agar terlihat menarik. Padahal masih banyak hal yang lebih penting mengenai mobil yang sebaiknya Anda ketahui. Misalnya seperti asuransi mobil Indonesia apa yang baik untuk melindungi mobil Anda. Selain itu, memahami dengan benar berbagai hal tentang komponen kendaraan Anda juga tidak kalah penting, salah satunya yaitu mengenai rem tangan.

Bagi Anda yang sudah lama memiliki mobil, apa saja yang Anda ketahui mengenai rem tangan? Mungkin Anda hanya mengetahui bentuk serta fungsinya saja. Padahal ternyata, komponen ini memiliki banyak hal penting lainnya yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu:

Jenis

Ketika berbicara mengenai rem tangan, banyak orang yang langsung berpikir tuas rem berbentuk stik yang ada di antara bangku pengemudi dan penumpang depan. Hal tersebut tidak salah, tetapi itu hanya salah satu jenisnya saja. Rem tangan seperti yang telah disebutkan tadi adalah rem stik sesuai dengan bentuknya. Selain rem stik, masih ada rem pedal dan rem tombol. Rem pedal berbeda dengan rem kaki meskipun bentuknya sama-sama pedal. Rem pedal yang dimaksud yaitu sebuah pedal rem yang hanya tersedia pada mobil dengan transmisi otomatis. Untuk mengaktifkannya, Anda harus menginjaknya hingga maksimal dan kemudian menginjaknya lagi untuk melepaskan remnya. Sementara untuk rem tombil merupakan sebuah tombil khusus yang harus ditekan untuk mengaktifkannya. Rem jenis ini biasa juga disebut electric parking brake.

Fungsi

Seperti namanya, rem tangan juga berfungsi untuk menurunkan atau menghentikan laju kendaraan. Namun yang perlu Anda ketahui, mobil tetap dapat melaju meskipun rem tangan diaktifkan jika Anda menginjak pedal gas. Hanya saja kecepatannya akan sangat terbatasi dan mobil akan terasa berat karena sistem pengereman pada roda belakang aktif. Jika kondisi ini terus dipaksakan, maka akan mempercepat kerusakan sistem pengereman utama dan membuat kembang ban cepat aus karena roda belakang tidak berputar sempurna. Selain itu, rem tangan yang digunakan saat Anda parkir dalam kondisi jalanan miring tidak benar-benar menjamin mobil Anda aman dari risiko menggelinding. Ada baiknya jika Anda tetap mengganjal ban mobil dengan batu untuk memastikan mobil aman.

Perawatan

Sama halnya dengan komponen lain pada mobil, rem tangan juga perlu dilakukan pemeriksaan dan perawatan rutin. Pada saat ini semua komponen lain yang berkaitan dengan rem tangan akan diperiksa apakah masih aman untuk tetap digunakan atau tidak. Ada baiknya jika Anda tidak menolak dilakukan penggantian beberapa komponen jika ditemukan adanya komponen yang sudah melebihi masa pakai atau sudah aus. Sebab hal ini akan sangat memengaruhi sistem kerja rem tangan.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda mau dan tertarik untuk mempelajari berbagai komponen penting lain yang ada pada mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE