Memilih Mainan Anak Harus Berhati – Hati

Mainan anakMainan anak merupakan hal yang pasti dimiliki oleh semua anak. Biasanya mereka memiliki mainan dari berbagai macam jenis dan bentuk. Ketika seorang anak bermain dengan mainannya, baik bermain sendiri ataupun bersama dengan teman, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak, asalkan orang tua memberikan mainan yang tepat untuk sang anak. Semakin beragamnya jenis mainan anak sekarang tentu saja membuat orang tua harus lebih cermat dalam membelikan mainan untuk anak-anak mereka. Jangan hanya memperhatikan keinginan anak, sehingga mainan apapun yang diinginkan oleh sang anak pasti dibelikan. Berikut ini akan diberikan beberapa tips dalam memilih mainan untuk anak:

  1. Perhatikan harga dan kondisi fisik. Bukan berarti barang dengan harga tinggi sudah pasti memiliki kualitas yang baik. Karna itulah orang tua harus memperhatikan hal ini dengan cermat, jangan sampai kita membayar mahal untuk suatu barang yang memiliki kualitas buruk. Misalkan membelikan mainan mobil-mobilan untuk anak dengan harga relatif mahal, namun terdapat beberapa bagian yang kurang baik dalam proses penghalusannya, sehingga mainan menjadi kasar dan tajam di beberapa bagian. Tentu saja selain mengurangi keindahan, mainan seperti ini juga berbahaya bagi anak karna dapat berpotensi melukai anak ketika sedang dimainkan.
  2. Perhatikan bahan pembuatan mainan anak. Saat ini semakin banyak beredar mainan yang dibuat dari bahan-bahan kimia yang berbahaya. Bukan hanya mainan dengan harga murah saja yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, tetapi juga beberapa mainan dengan harga yang relatif mahal. Karna itulah orang tua sangat perlu memberhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mainan tersebut. Terutama mainan untuk anak 2 tahun kebawah yang masih sering memasukkan berbagai macam barang ke mulutnya, hal ini tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak.
  3. Sesuaikan dengan usia anak. Biasanya, mainan selalu dilengkapi dengan label keterangan untuk usia berapa mainan tersebut. Jangan memaksakan mainan yang tidak sesuai dengan umurnya kepada anak.
  4. Perhatikan asal mainan anak tersebut. Banyak sekali mainan yang dibuat dari bahan daur ulang yang beredar dipasaran, hal ini tentu saja baik selama barang daur ulang yang digunakan adalah bahan yang aman. Namun, banyak juga beredar mainan yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang yang berbahaya, misalkan saja yang paling mudah ditemui adalah suntikan mainan. Suntikan mainan yang sering dijual dipasaran seringkali merupakan suntikan bekas pakai dari rumah sakit, yang kemudian dikumpulkan dan dibersihkan. Tapi tentu saja tidak ada jaminan apakan suntikan itu telah benar-benar bersih atau tidak dari berbagai macam zat kimia.

Pentingnya pemilihan mainan anak baik saat membeli atau bermain di tempat arena main karena hal tersebut sangat berkaitan dengan kesehatan dan keamanan si anak. Yv

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE