Hentikan Konsumsi Bir Oplosan

Tempat Pesan BirSudah banyak sekali orang yang harus dirawat di rumah sakit atau bahkan meninggal, akibat mengkonsumsi bir oplosan, padahal masih ada bir lager dan bir ale yang lebih baik. Namun, hal ini seolah tidak membuat masyarakat yang terbiasa meminum bir oplosan ini merasa jera. Bahkan, banyak yang merasa bangga karena mereka masih baik-baik saja meskipun mereka mengkonsumsi bir oplosan juga. Peredaran bir oplosan ini sangat sulit untuk dicegah. Umumnya, bir oplosan ini dijual diwarung-warung pinggir jalan secara ilegal atau tersembunyi. Padahal, saat ini untuk melakukan Pesan Bir yang aman untuk dikonsumsi bukanlah hal yang sulit. Meskipun tidak lagi dapat dibeli di minimarket, namun pemesanan bir sudah dapat dilakukan secara online dan akan diantarkan ke lokasi yang diinginkan pembeli.

Bir oplosan ini memang jauh lebih berbahaya dan sangat sulit untuk diatasi bila dibandingkan dengan bir yang telah memiliki brand dan dijual ditempat resmi. Pada bir yang dipasarkan secara resmi, semua telah melakukan uji kelayakan sehingga aman untuk dikonsumsi. Sedangkan, pada bir oplosan tidak ada yang tahu persis kandungan di dalamnya. Beberapa penjual mencampur bahan atau zat yang sebenarnya aman untuk dikonsumsi, namun menjadi tidak aman karena bereaksi setelah dicampurkan pada minuman beralkohol. Bahkan, beberapa penjual bir oplosan bahkan mencampurkan berbagai bahan berbahaya yang sebenarnya dilarang keras untuk dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, misalnya seperti minyak, bensin ataupun obat nyamuk. Hal ini jelas sangat berakibat buruk pada kesehatan.

Selain dari campuran bahan yang digunakan, pada bir oplosan juga tidak jelas berapa jumlah alkohol yang terkandung. Kandungan etanol yang umum terdapat dalam bir adalah sekitar 4% hingga 6% (pada beberapa produk bisa mencapai 12%). Namun, pada bir oplosan, kandungan alkohol bisa meningkat tajam bahkan mencapai 90% jika bahan pencampur yang digunakan adalah spiritus (kandungan etanol dalam spiritus sekitar 20% hingga 96%). Mengkonsumsi minuman dengan kadar alkohol jauh diatas normal, apalagi mencapai 90% bisa menimbulkan efek samping seperti keracunan. Dan jika tidak segera diatasi, maka orang yang mengkonsumsi dapat meninggal dunia. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE