Hiking Tips: Bawa Apa Aja, Ya?

Mendaki gunung rasanya sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat ibukota untuk anak-anak muda. Lihat saja akun sosial media teman-teman kamu. Tidak hanya satu saja, hampir sebagian besar dari mereka sudah menjejakkan kaki di gunung dan menghabiskan beberapa hari untuk tiba di puncak. Bagi yang tidak kuat mendaki, ada juga pilihan yang bisa ditempuh; off road dengan menggunakan mobil khusus, seperti mitsubishi pajero sport, misalnya. Meski, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar juga, sih.

Hiking

Nah, melihat fenonema ini, rasanya kamu pun ingin mengikuti jejak teman-teman kamu. Mendaki gunung, susah payah menuju puncak, dan mengabadikan keindahan menakjubkan dari atas sana. Akan tetapi, apalah daya; staminamu belum cukup tangguh untuk mencapai puncak dan keuanganmu pun belum cukup untuk mencoba off road. Tapii, jangan sedih, guys! Kamu masih bisa kok menjajaki bukit-bukit yang tidak terlalu tinggi untuk merasakan sensasi naik gunung ini. Yang menyenangkan dari hiking? Kamu bisa menyelesaikannya dalam waktu satu hari saja. Here’s a look at some of the basics you’ll need for your first day hike.

  • Peta dan Kompas. Untuk membantu proses navigasi saat hiking, ada baiknya mempersiapkan peta dan juga kompas. Meski rute yang dilewati sudah pasti dan di tengah jalan kita akan bertemu dengan pendaki lainnya, bukan berarti kita harus melupakan dua benda ini. Peta dan kompas adalah benda penting yang nggak boleh ketinggalan jika kita mau hiking. Siapa tahu saat hiking kita terpisah dari rombongan dan harus mencari jalan keluar ke titik awal? Nah, jangan lupa persiapkan benda ini, ya!
  • Tas ransel. Eits, jangan langsung mikir tas ransel super besar yang dipakai untuk naik gunung atau traveling, ya. Cukup bawa ransel kecil yang cukup untuk menampung semua bawaan kita. Meskipun bawaan kita sedikit, tapi kalau dibawa mendaki rasanya akan berat juga. Pilih tas ransel yang memiliki bantalan empuk pada tali pundaknya dan juga memiliki tali pinggang supaya tidak terlalu berat ketika dipakai.
  • Sun Protection atau Sun Block. Selama hiking, kulit kita akan terpapar sinar matahari langsung selama beberapa jam. Untuk itu, lindungi kulit kita dengan menggunakan sunblock agar tidak terbakar. Pakai topi dan kaca mata hitam juga disarankan, lho!
  • Kebutuhan Nutrisi. Meski cuma mendaki selama satu hari, bukan berarti kamu tidak perlu mempersiapkan bahan makanan, lho. Sebab, hiking merupakan aktivitas yang cukup menguras energi sehingga kamu pastinya butuh makan dan butuh minum. Siapkan healthy snacks yang bisa dimakan sambil hiking seperti nutrition bars, kacang-kacangan, roti, cokelat, atau bahkan pisang. Jangan lupa siapkan minum, ya!

Selamat mendaki, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE