Home Schooling Berbasis Komputer

source: theproscons.com

source: theproscons.com

Perluasan wilayah jaringan internet di Indonesia termasuk juga Internet Pekalongan tentu akan berdampak positif dan negatif bagi penduduk. Sisi positifnya perluasan wilayah jaringan internet seperti home schooling, namun sisi negatifnya pengguna game online makin banyak. Akibatnya banyak jenis game offline atau mainan tradisional makin banyak ditinggalkan. Orang tua banyak yang khawatir, takut akan anak-anak akhirnya kecanduan akan game online. Mana yang lebih baik antara Game Online atau Game Offline?

Bicara tentang Home Schooling mungkin bukan lagi menjadi hal yang asing saat ini. Apalagi, saat ini banyak sekali artis di Indonesia yang masih dalam usia sekolah memilih untuk menggunakan home schooling daripada harus belajar di sekolah formal. Alasannya, sebagian besar adalah karena kegiatannya yang cukup padat, sehingga mulai mengganggu kegiatan belajar mengajar di Sekolahnya. Salah satu home schooling yang sering dipilih oleh mereka, yaitu home schooling berbasis komputer. Home schooling berbasis komputer ini menggunakan CD, DVD serta teknologi Internet seperti Internet Pekalongan sebagai salah satu sarana belajarnya. Dengan menggunakan sistem belajar home schooling berbasis komputer ini, maka para siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Sebenarnya, home schooling ini tidak hanya dipilih oleh para selebriti saja, tetapi juga masyarakat umum yang memiliki berbagai alasan tertentu hingga memilih home schooling daripada sekolah biasa. Misalnya saja, sekolah biasa akan menuntut seorang anak untuk setara atau melebihi dari standar yang telah di tetapkan oleh pihak sekolah, tanpa mempertimbangkan minat dan bakat sang anak. Hal inilah yang pada akhirnya membuat orang tua lebih memilih home schooling, karena anak dapat menentukan sendiri pendidikannya dengan disesuaikan pada minat dan bakat anak. Sehingga anak akan lebih terfokus pada bidang yang memang disukainya.

Apalagi,dengan adanya home schooling berbasis komputer, belajar akan jauh lebih  menyenangkan. Saat ini, sangat jarang sekali anak yang tidak mengenal teknologi komputer atau  gadget sejak usia dini. Karena itulah, home schooling berbasis komputer ini tidak menemui kesulitan untuk dapat berkembang di masyarakat. Justru, metode inilah yang saat ini menjadi pilihan karena berbagai keunggulannya.

Seluruh kurikulum dan materi pembelajaran biasanya akan terangkum dalam CD maupun DVD. Selain bisa memberikan materi berupa teks, pengajar dapat memberikan materi berupa audio atau bahkan audio visual untuk membuat anak semakin tertarik belajar. Khususnya bagi anak-anak dalam masa sekolah dasar, yang membutuhkan sesuatu yang menarik agar mereka lebih semangat untuk belajar. Selain itu, anak dapat sekaligus belajar lebih dalam mengenai pengoperasian komputer serta penggunaan internet sejak dini. Tentu saja, agar semua dapat berjalan dengan baik dan efektif orang tua tetap harus melakukan pengawasan terhadap kegiatan belajar anak. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE