Hunian Beratap Dak Beton

Hunian Beratap Dak BetonTahukah Anda bahwa sekarang ini beton tidak hanya digunakan sebagai pagar saja namun bisa juga digunakan sebagai atap? Yap, di tengah riuhnya tempat jual pagar beton precast untuk keperluan bangunan, ternyata atap rumah dengan dak beton pun semakin diminati oleh masyarakat. Dak beton sendiri merupakan atap bergaya datar dan tidak lancip seperti atap pada umumnya. Tren rumah dengan atap dak beton ini pun kemudian banyak digunakan oleh rumah-rumah bergaya minimalis.

Bagi Anda yang sedang berencana untuk membangun rumah dengan gaya minimalis beratap dak beton, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, nih. Di antaranya adalah:

  • Bangun plafon di bawah atap dak beton. Kabarnya, atap dak beton tidak cocok untuk rumah-rumah di daerah tropis karena cahaya matahari akan langsung diteruskan ke bawah tanpa dipantulkan terlebih dahulu. Akibatnya, rumah Anda akan menjadi panas ketika menggunakan dak beton. Untuk menyiasatinya, buatlah plafon di bawah atap dak beton sehingga panas matahari akan ‘terkunci’ di sana dan membuat rumah Anda tetap sejuk dan dingin. Jangan lupa juga untuk membuat ventilasi agar udara tetap bertukar.
  • Lapisi atap dak beton rumah Anda dengan waterproofing. Seperti yang sudah dibahas di atas, atap dak beton merupakan atap yang berstuktur datar sehingga ketika hujan turun maka airnya akan tergenang di atap. Untuk itu, ketika membangun rumah nantinya, buatlah atap dengan kemiringan dua derajat, semata agar air lebih cepat mengalir ke tempat pembuangan. Jangan lupa juga untuk membuat pipa pembuangan yang mengalirkan air dari atas atap ke permukaan tanah. Selain itu, Anda pun perlu melapisi permukaan atap dak dengan pelapis anti air agar tidak terjadi kebocoran di rumah Anda.
  • Untuk mempercantik tampilan, buat taman kering di atas atap dak beton. Cara membuatnya pun mudah, hanya dengan menggunakan kerikil kering yang disebar di atas atap. Tentunya, setelah atap dilapisi pelapis anti air, ya! Anda juga bisa menambahkan pot-pot tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh, seperti kaktus misalnya.

Jika Anda menyukai beton sebagai bahan dasar pembuatan rumah, Anda juga bisa loh menggunakan panel beton untuk dinding rumah Anda. Dengan begini, rumah Anda akan terasa lebih kokoh dibandingkan dengan menggunakan dinding berbahan dasar batu bata. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE