Iklan Yang Sederhana Ternyata Lebih Efektif

Di kota-kota besar terutama, Anda pasti akan sering melihat billboard iklan yang unik. Kini, iklan di billboard semakin menarik. Bukan hanya dalam hal desain, tapi cara menyampaikan apa yang ingin disampaikan di billboard tersebut juga sangat dipikirkan matang-matang.

Iklan rokok bisa jadi menjadi iklan yang paling kreatif. Lihat saja. Hampir di sepanjang jalan besar jika ada iklan rokok, billboardnya pasti menaik. Kata-katanya unik, mengundang orang untuk berpikir, mencerna, dan akhirnya baru tahu apa yang ingin disampaikan.

Akan tetapi, apakah iklan yang seperti itu yang dianggap efektif? Bisa saja. Toh sekarang banyak perusahaan yang meniru hal tersebut. Lihat saja. Desain billboard lebih menarik, tidak hanya sekedar menampilkan produk yang ingin dipromosikan. Mereka memilih warna dan kalimat yang tepat.

Iklan Offline dengan Menggunakan Banner

Giant Billoard, Iklan Offline yang Menggunakan Bahasa Sederhana

Bisa jadi ini cara mainstream. Dan ada yang mencoba untuk mencoba cara-cara yang anti-mainstream. Contohnya saja Axis. Perusahaan telekomunikasi ini membuat billboard yang beda. Sama sekali tidak menonjolkan kalimat yang butuh waktu untuk mencerna maknanya.

Pada hari sabtu tanggal tanggal 20 Oktober 2018, saya melintas di depan Sarinah, Thamrin. Saat itu, ada billboard yang beda dengan kebanyakan billboard. Mungkin hal ini yang membuat saya memperhatikan.

Billboard tersebut berwarna ungu berbentuk box. Dan box tersebut bisa dimasuki oleh orang. Ada kalimat “The Most Owsem Billboard. Siap-siap ada yang owsem besok”. That’s all. Sangat sederhana. Sama sekali beda dengan kebanyakan billboard dengan menonjolkan tagline yang menarik dan enak dibaca.

Tapi, satu hal dari billboard tersebut. Ternyata billboard yang beda tersebut berhasil menarik perhatian orang. Tak terkecuali saya.

Akhirnya, dari billboard tersebut, saya pun penasaran. Apa itu owsem. Saya menebak ini plesetan dari kata awesome yang artinya luar biasa. Kira-kira apa yang luar biasa esok hari ya? Sekiranya itu yang ada di kepala saya saat itu.

Karena hari minggu hari libur, saya pun datang ke tempat tersebut. Ada acara CFD atau Car Free Day. Acara yang biasa digelar di hari minggu pagi. Dan ternyata benar. Ada acara yang luar biasa di CFD tersebut.

Terdapat panggung di mana beberapa penyanyi papan atas menghibur mereka yang datang ke CFD tersebut. Ada Rizky Febian menjadi penyanyi yang menghibur banyak orang saat itu.

Dari sini, saya yakin strategi promosi yang menarik dengan menggunakan billboard bisa membuat orang tertarik untuk datang ke acara yang dipromosikan. Billboard yang selama ini dianggap sebagai media promosi konvensional ternyata tidak kalah efektif dengan media promosi digital yang selama ini lebih sering digunakan.

Kuncinya hanya satu. Kreativitas. Asalkan kreatif, maka media apa saja yang digunakan, tetap saja akan sangat efektif untuk digunakan ajang promosi.

Yang pasti, saya tidak menyesal datang ke acara CFD tersebut. Saya berharap Axis membuat acara serupa. Mungkin tidak di acara CFD tapi di tempat yang lain.

Dengan adanya panggung di CFD, saya sangat terhibur. CFD lain dengan yang biasanya. Orang yang datang tidak hanya bisa berolahraga atau sekedar menikmati udara yang segar tanpa polusi. Tetapi, mereka juga bisa mendapatkan hiburan tambahan dari para artis ibukota.

Kira-kira, kapan lagi ya ada acara yang owsem seperti ini lagi? Saya sangat menanti acara tersebut digelar kembali. Dan saya juga menunggu billboard-billboard promosi yang unik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE