Ingin Belajar Menyelam? Pahami Isyarat Tangan dari Instruktur di Dalam Air

MenyelamMenyelam atau diving memang merupakan aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Bukan hanya membuat tubuh tetap aktif tapi kamu pun bisa menikmati keindahan alam bawah laut. Meski aktivitas ini terbilang ekstrem dan bahkan biasanya tidak dicover oleh asuransi perjalanan yang bagus sekalipun, masih banyak orang-orang yang hobi melakukannya. Lagipula, keselamatan saat diving bisa didapatkan dengan melakukan cara-cara yang benar dan mematuhi peraturan. Pokoknya, ada banyak cara yang bsia dilakukan untuk menjaga keselamatan saat diving. Karena itu, buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba diving, jangan ragu untuk memulainya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari instruktur terpercaya dan berlatih diving.

isyarat tangan saat nyelamNah, saat menyelam, instruktur tidak mungkin memberikan secara verbal. Maka dari itu, instruktur lebih memilih menggunakan isyarat tangan untuk menyampaikan informasi kepadamu. Supaya lebih tau, mari simak arti beberapa isyarat tangan yang diberikan oleh instruktur saat menyelam berikut ini!

  • Jari telunjuk dan jempol membentuk lingkaran dan tiga jari lainnya mengarah ke atas

Isyarat tangan ini biasa diartikan dengan “oke”, begitu pula saat menyelam. Ketika instruktur mengisyaratkan tanda ini artinya semua baik-baik saja dan berniat memberi tahu bahwa situasi aman.

  • Tangan dikepal dengan jempol mengarah ke atas

Jangan salah, isyarat tangan seperti ini biasanya memang umum diartikan sebagai “oke”. Namun saat diving, isyarat ini berarti menandakan instruktur ingin kamu bergegas naik ke permukaan laut karena alasan tertentu. Entah itu karena tim penyelam sudah terlalu lama di bawah atau hal lainnya.

  • Tangan dikepal dengan jempol mengarah ke bawah

Kebalikan dari isyarat di atas, isyarat ini menandakan instruktur ingin tim penyelam turun ke bawah dan menyelam lebih dalam.

  • Gerakan satu tangan memotong leher

Jika instruktur mengisyaratkan gerakan ini, maka tandanya pasokan oksigen sudah hampir habis sehingga dapat membahayakan nyawa. Karena itu, segeralah naik ke permukaan sebelum oksigen habis.

  • Telapak menarik garis horizontal di leher

Isyarat ini menanadakan adanya masalah saat menyelam. Bisa dikarenakan peralatan selam yang tidak berfungsi atau adanya arus yang tiba-tiba datang. (source: travel.kompas.com)

Nah, itu dia beberapa isyarat dari instruktur diving yang bisa membantumu memahami situasi saat menyelam. Sekarang jadi lebih tahu, kan? (Rima)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE