Ingin Membuka Usaha Toko Kelontong? Ini Tipsnya

toko kelontongDi tengah banyaknya minimarket dan supermarket bermunculan, banyak juga toko kelontong sukses yang berhasil meraup keuntungan tidak sedikit. Kondisi inilah yang mendasari banyaknya masyarakat masih tertarik untuk menjalankan usaha ini. Apalagi untuk Anda yang harus mencari uang untuk menghidupi keluarga tetapi tidak mungkin bekerja di luar rumah. Toko kelontong bisa menjadi usaha yang tepat untuk Anda.

Namun meskipun banyak orang yang berhasil membuka usaha ini, bukan berarti Anda juga pasti bisa mendapatkan kesuksesan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mulai membuka toko kelontong agar bisa sukses, yaitu:

Jalin komunikasi baik dengan orang sekitar

Tahukah Anda bahwa target konsumen toko kelontong yang paling efektif adalah orang yang berada atau tinggal di sekitar toko Anda. Sebab banyak orang yang terkadang malas untuk pergi jauh ke minimarket saat hanya membutuhkan satu atau dua barang saja. Jika hubungan Anda dengan orang sekitar terjalin baik, maka ketika mereka membutuhkan sesuatu tempat yang pertama diingat adalah toko Anda.

Dengarkan pelanggan

Saat ini ada banyak sekali varian untuk setiap produk. Misalnya sabun, dari satu brand saja sudah tersedia banyak varian. Menyediakan semua varian tersebut pasti hal yang sangat sulit karena terkait dengan modal. Nah, sebagai langkah awal Anda bisa coba menyediakan yang menurut Anda paling banyak peminat.  Pada saat toko sudah mulai buka dan pembeli mulai datang, Anda bisa menganalisa permintaan pasar khususnya pelanggan yang menurut Anda akan sering berbelanja. Ini akan membantu Anda mengurangi risiko banyaknya dead stock yang pastinya akan berpengaruh pada penghasilan Anda.

Jaga kebersihan toko dan produk

Salah satu hal yang membuat konsumen malas datang ke toko kelontong adalah masalah kebersihan. Toko kelontong pada umumnya berupa ruangan terbuka sehingga debu akan sangat berisiko cepat menumpuk di rak toko maupun produk. Ketika ini terjadi, konsumen pasti akan merasa tidak nyaman dan ragu dengan kualitas produknya meskipun sebenarnya produk tersebut masih baru atau belum kadaluarsa. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika Anda hanya mengeluarkan beberapa pcs untuk setiap produknya dan kemudian menyimpan sisanya di tempat tertutup. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa setiap produk dan membersihkannya secara rutin jika debu yang menempel sudah terlalu banyak.

Meskipun Anda sudah menerapkan cara di atas, bukan berarti toko Anda pasti akan meraih kesuksesan. Beberapa cara di atas hanyalah sebagian kecil dari tips sukses membuka toko kelontong tetapi sayangnya sering terabaikan. Hal yang terpenting adalah, jangan pernah menyerah dan terus berusaha agar toko kelontong dapat semakin maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE