Ini Alasan Orang Indonesia Memilih Berobat di Singapura

Menurut data yang diungkapkan pada kongres dokter bedah dunia di Bali pada bulan Oktober lalu, setiap tahunnya masyarakat Indonesia yang berobat ke Singapura mencapai 600 ribu orang. Padahal sebenarnya, kualitas dokter di Indonesia, misalnya saja dokter jantung Singapura dengan dokter Indonesia tidak berbeda jauh. Bahkan dokter-dokter di Singapura ada yang pernah sekolah di Indonesia. Lalu, mengapa masyarakat Indonesia terutama mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas lebih memilih untuk melakukan pengobatan di Singapura dibandingkan dengan di Indonesia?

Kenapa Memilih Berobat ke Singapura

Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan ini, di antaranya:

Kelengkapan dan kecanggihan teknologi/fasilitas pengobatan

singapuraTidak bisa dipungkiri, kelengkapan dan kecanggihan dari fasilitas tentunya sangat penting dalam pengobatan. Meskipun kualitas dokter di Indonesia tidak kalah dengan dokter di Singapura, namun kecanggihan dan kelengkapan teknologi pengobatan di Singapura menjadi salah satu faktor utama menjadikan pengobatan di Singapura selangkah lebih maju dibandingkan di Indonesia. Sebut saja teknologi 3D Mapping System untuk penyakit Jantung yang sudah digunakan di rumah sakit besar di Singapura. Meski memang jadi lebih mahal, namun sesuai dengan hasilnya yang kadang bisa lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan pengobatan di Indonesia.

Prosedur yang mudah untuk dipenuhi

Tidak hanya mengenai kelengkapan dan kecanggihan alat-alat medis yang digunakan Prosedur Berobat dengan Dokter Singapura di rumah-rumah sakit di negeri Singa ini justru sangat mudah. Ditambah kini ada jasa agen pelayanan medis yang menyediakan layanan mulai dari pendaftaran, atur jadwal konsultasi bahkan hingga pemesanan tiket penerbangan. Semua sangat mudah, dan ini menjadikan banyak orang Indonesia yang melakukan pengobatan ke Singapura.

Faktor Gengsi

Bila dilihat, kebanyakan mereka yang melakukan pengobatan di Singapura adalah masyarakat dari golongan menengah ke atas. Selain karena mereka memang mampu secara finansial, berobat di Singapura atau luar negeri lainnya tidak jarang disebabkan oleh gengsi. Meski mereka tahu bahwa dokter-dokter di Indonesia juga mampu menangani penyakit tersebut, namun kebanyakan akan memilih untuk menjalani pengobatan di Singapura.

Berobat sambil Belanja

Tidak sedikit dari pasien-pasien Indonesia yang menjalani pengobatan di Singapura juga menjadikannya ajang untuk berbelanja. Hal ini juga diakui oleh dokter-dokter di Singapura sendiri. Seperti yang dialami oleh salah satu rumah sakit besar yang terletak di daerah Orchard, Singapura. Letaknya yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan paling terkenal di Singapura ini menjadikannya banyak dipilih oleh warga Indonesia yang melakukan pengobatan. Bahkan kadang ada warga Indonesia yang memang sedang liburan dan berbelanja di daerah Orchard menyempatkan diri untuk melakukan screening medis atau check up di rumah sakit tersebut.

Sebenarnya tidak ada larangan bagi setiap orang untuk mencari pengobatan yang lebih baik, namun ini ternyata menyebabkan kerugian devisa bagi negara yang mencapai Rp60 triliun per tahun. Karenanya, perlu ada usaha dan perhatian lebih dari pemerintah dan rumah sakit di Indonesia untuk bisa memberikan pelayanan pengobatan yang lebih baik di Indonesia, sehingga nantinya warga Indonesia bisa menikmati pengobatan yang tepat dan terbaik tanpa harus ke luar negeri. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE