Ini Beberapa Pertimbangan Sebelum Beli Oleh-Oleh

Membeli Oleh-olehMembeli oleh-oleh ketika berlibur memang bukan sebuah kewajiban. Namun, ada dorongan tersendiri untuk membelinya, entah sebagai kenang-kenangan atau untuk diberikan pada kerabat di rumah. Tak jarang karena saking impulsifnya, Anda membeli terlalu banyak oleh-oleh hingga memenuhi koper. Jika Anda telah melengkapi diri dengan asuransi travel, tentu tak perlu khawatir ketika koper disimpan di bagasi, sebab jika terjadi apa-apa maka pihak asuransi akan mengganti kerugiannya.

Nah, agar Anda tidak berlebihan saat beli oleh-oleh, coba pertimbangkan beberapa hal ini, yuk!

  • Bisa dipakai. Agar bermanfaat, ada baiknya Anda membeli oleh-oleh yang bisa dipakai dan dipergunakan. Misalnya saja seperti sendok kayu dengan ukiran unik, magnet kulkas, gantungan kunci, dan lain sebagainya. Selain menjadi kenangan karena memiliki karakteristik dari tempat yang dikunjungi, suvenir ini juga bermanfaat karena bisa dipakai setiap hari.
  • Suvenir handmade dari warga setempat. Membeli suvenir yang dibuat sendiri oleh warga setempat memang agak mahal dibanding membeli suvenir buatan pabrik yang dijual dalam bentuk lusinan. Namun, membeli oleh-oleh langsung dari mereka akan membantu meningkatkan perekonomian warga setempat dan pastinya memiliki nilai lebih.
  • Camilan atau makanan khas juga layak untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan sangka bahwa oleh-oleh hanya terbatas pada suvenir dan benda-benda lainnya. Terkadang, camilan atau makanan khas juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Namun demikian, jika Anda berniat menjadikan makanan sebagai oleh-oleh, pastikan kalau yang Anda beli bisa disimpan selama beberapa hari dan awet, ya.
  • Ingin membeli oleh-oleh tapi bagasi terbatas? Mengapa tak coba membeli secara online? Yap, sekarang ini ada banyak sekali pusat oleh-oleh yang membuka toko online sehingga pelanggannya bisa berbelanja dengan mudah. Anda tak perlu pusing memikirkan bagasi atau packing: tinggal duduk manis, pesan barang yang diinginkan, dan tunggu sampai diantar ke rumah Anda. Menguntungkan, bukan? Sebagai saran, sebaiknya pesan oleh-oleh tersebut beberapa hari sebelum kepulangan agar Anda sudah bisa menerimanya setibanya di rumah nanti.
  • Hindari membeli oleh-oleh di bandara. Terlalu menikmati waktu liburan memang tak jarang membuat Anda lupa untuk membeli oleh-oleh. Akibatnya, saat berada di bandara, Anda sibuk berburu makanan atau pernak-pernik untuk dijadikan sebagai buah tangan. Well, sebaiknya hindari hal ini, ya. Harga oleh-oleh di bandara bisa lebih mahal jika dibanding dengan beli di luar. Jadi, sayang sekali, kan?

Itu dia beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli oleh-oleh. Semoga bermanfaat, ya!

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE