Ini Berbagai Manfaat Kolagen Bagi Kulit

perawatan wajahAnda yang sering memperhatikan kandungan pada produk kecantikan pasti tidak asing dengan yang namanya kolagen. Sebab, banyak produk kecantikan atau perawatan di klinik kecantikan terbaik di Jakarta bertujuan untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Sebab, kolagen memang memiliki peran yang sangat penting pada kesehatan kulit.

Kolagen sendiri adalah protein alami tubuh yang jumlahnya sangat banyak. Protein tersebut merupakan protein berserat dan juga tak larut. Kolagen ini berada di berbagai area dalam tubuh, antara lain otot, tulang, kulit, tendon, dan ligamen sebagai sumber kekuatannya. Jadi bisa dikatakan, kolagen merupakan fondasi utama dari berbagai bagian tubuh yang telah disebutkan di atas.

Meskipun kolagen sering diidentikan dengan kecantikan, tahukah Anda bahwa ternyata manfaat kolagen dalam tubuh jauh lebih luas daripada hanya untuk kesehatan kulit saja? Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang diambil dari situs alodokter:

Mencegah penuaan dini

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kolagen memegang peran penting terhadap kesehatan kulit. Jika jumlah kolagen yang tersedia dalam tubuh tidak kurang, maka Anda tidak perlu khawatir akan mengalami masalah penuaan dini. Namun, dengan bertambahnya usia ataupun gaya hidup yang kurang sehat sehingga menyebabkan produksi kolagen terganggu, maka risiko Anda mengalami penuaan dini akan semakin besar.

Meningkatkan massa otot

Kolagen juga memiliki peran penting untuk kesehatan dan perkembangan jaaringan otot. Bahkan menurut penelitian yang pernah dilakukan, terpenuhinya kebutuhan kolagen atau mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan kekuatan otot untuk penderita sarcopenia dan untuk orang yang sudah berusia lanjut.

Mengatasi nyeri sendi

Kolagen yang terpenuhi dalam tubuh juga bisa mengatasi masalah nyeri sendi secara keseluruhan. Bahkan, banyak juga yang percaya bahwa konsumsi suplemen kolagen dapat meringankan kondisi osteoarthritis. Namun untuk manfaat terkiait osteoarthritis ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain dari berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, kolagen juga dipercaya dapat mencegah serangan jantung maupun stroke. Sebab, saat tubuh kekurangan kolagen maka pembuluh darah akan kaku dan rapuh sehingga risiko terjadinya pecah pembuluh darah akan semakin besar. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE